Mengenal Bawang Dayak, Berpotensi Jadi Minuman Fungsional Antidiabetes

Mengenal Bawang Dayak, Berpotensi Jadi Minuman Fungsional Antidiabetes

Bawang Dayak-Ahli menggali manfaatnya untuk antidiabetes-Universitas Medan Area

Tepatnya ditargetkan bagi konsumen usia dewasa muda yakni di atas 30 tahun.

“Berdasarkan hasil uji biokimia dan uji khasiat, produk minuman antidiabetes bawang dayak dalam bentuk sediaan serbuk instan, ready to drink, varian kayu manis dan sereh dapur terbukti memiliki khasiat antidiabetes yaitu mengontrol kadar glukosa darah tikus IGT (Impaired Glucose Tolerant) dengan nilai rata-rata kadar glukosa darah puasa antara 114 sampai 141 milligram per deciliter,” ujarnya dalam webinar PERGIZI PANGAN bertema ‘Inovasi untuk Deteksi Kejadian Stunting dan Potensi Pangan Lokal Sebagai Pangan Fungsional’, baru-baru ini. 

BACA JUGA:Benarkah Buah Jeruk Baik Buat Penderita Diabetes? Begini Faktanya

Dosen IPB University itu melanjutkan, minuman ini ditargetkan juga bagi percepatan penurunan stunting. Prevalensi stunting pada anak penderita diabetes tergolong tinggi.

“Orang dewasa yang mengalami stunting pada masa kanak-kanak cenderung mengakumulasi lebih sedikit massa tanpa lemak dan memiliki lemak subkutan serta profil lemak visceral yang lebih tinggi, kondisi ini dapat berkembang lebih lanjut menjadi profil kardiometabolik negatif,” lanjut dia.

Minuman tersebut, katanya, dinilai dapat membantu pencegahan perkembangan penyakit diabetes sehingga tidak diturunkan ke anak.

Dengan penambahan jahe, serai, dan asam jawa juga ditujukan untuk menutupi rasa bawang dan memberikan rasa yang lebih dapat diterima oleh konsumen.

BACA JUGA:Makan Besar saat Imlek 2024, Ini Tips Aman Bagi Penderita Diabetes dan Hipertensi

Waspada Diabetes 

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, Diabetes melitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin.

Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin (WHO, 1999).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: