Kemenhub Atur Mobilitas di Pelabuhan Penyeberangan pada Libur Lebaran 2024

Kemenhub Atur Mobilitas di Pelabuhan Penyeberangan pada Libur Lebaran 2024

Kemenhub Atur Mobilitas di Pelabuhan Penyeberabgan pada Libur Lebaran 2024-Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan Korlantas Polri, dan Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengatur pergerakan angkutan orang dan barang di pelabuhan penyeberangan

Mengingat adanya pengaturan lalu lintas di ruas jalan tol dan non tol saat libur Idul Fitri 2024/1445 H. 

Terdapat empat pelabuhan penyeberangan utama yaitu Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk. 

BACA JUGA:Kabaharkam Ungkap Situasi Masih Kondusif Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024

BACA JUGA:Nyaris 5 Ribu Personel Gabungan Amankan Rekapitulasi Nasional Pemilu 2024 di KPU

" Diprediksi pada sektor penyeberangan juga akan terjadi peningkatan volume kendaraan, maka dari itu diperlukan pengaturan," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno kepada wartawan. 

" Khususnya di pelabuhan-pelabuhan utama seperti Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk," sambungnya di Jakarta pada Senin, 18 Maret 2024. 

Ia juga menjelaskan akan ada beberapa pelabuhan bantuan yang nantinya digunakan untuk memecah kepadatan dan mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di satu titik. 

Adapun aturan mengenai pelabuhan penyeberangan ini telah termuat dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2024 yang meliputi: 

BACA JUGA:3 Lokasi Demo Hari Ini, Ribuan Personel Lakukan Pengamanan

BACA JUGA:Mudik Gratis 2024 Ludes, Begini Penjelasan Kemenhub Mengenai Kuota Tambahan

1. Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Ciwandan, Pelabuhan BBJ Bojonegara (Serang-Banten) dan Pelabuhan BBJ Muara Pilu (Lampung Selatan): 

a) Penumpang pejalan kaki, kendaraan bermotor golongan IVa, golongan IVb, golongan Va, golongan Vb dan golongan VIa tujuan Sumatera untuk arus

mudik mulai hari Rabu tanggal 3 April 2024 pukul 00.00 WIB sampai dengan hari Selasa tanggal 9 April 2024 pukul 24.00 WIB melalui Pelabuhan Merak; 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: