Kasus DBD Naik Saat Musim Hujan, Cegah dengan PSN 3M Plus

Kasus DBD Naik Saat Musim Hujan, Cegah dengan PSN 3M Plus

Kepala Seksi Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Tamansari sekaligus Staf Teknis Transformasi Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Ngabila Salama, MKM.-Ayu Novita/Carep-

Jika kamu sudah terkena DBD masih ada kemungkinan terkena DBD sampai empat kali. Hal ini karena DBD punya 4 varian saat ini yaitu DEN-1,DEN- 2, DEN- 3, dan DEN- 4.

“Tiap virus dengue ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. DEN-1 memiliki ciri khas sangat cepat menyebar, tetapi tidak akan menimbulkan penyakit parah,” tutur dr. Ngabila.

BACA JUGA:Anak Bungsu Sudah 5 Kali Terapi Stemcell, Oki Setiana Dewi: Masya Allah, Allah Kasih Kebaikan

“Untuk DEN-2 dan DEN-3 itu bisa menyebabkan penyakit parah. Kemudian untuk DEN-4 paling sedikit di Indonesia,” sambungnya.

Sebagai informasi, kasus DBD yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Tamansari Jakarta Barat jumlahnya naik 50 % lipat dari minggu sebelumnya.

Dari 10 kasus per minggu menjadi 15 kasus per minggu. Tidak ada kasus kematian. 70% kasus yang dirawat adalah anak usia SD dan SMP.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan, tercatat per 1 maret 2024 terdapat hampir 16 ribu kasus Demam Berdarah Dengue yang tersebar di 213 Kabupaten dan Kota di Indonesia dengan 124 Kematian.

Kasus DBD terbanyak tercatat beberapa daerah di Indonesia, seperti Tangerang, Bandung Barat, Kota Kendari, Subang, dan Lebak. (Ayu Novita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: