Tips Cegah Penipuan di Dunia Maya, Waspada Makin Marak Menjelang Lebaran

Tips Cegah Penipuan di Dunia Maya, Waspada Makin Marak Menjelang Lebaran

Ilustrasi hacker-Freepik-

JAKARTA. DISWAY.ID-- Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan webinar mengenai  penguatan keterampilan digital masyarakat Indonesia bernama #MakinCakapDigital 2024, Senin, 1 April 2024, di Sulawesi Selatan. 

Tema yang diangkat adalah "Hentikan Kejahatan Digital! Yuk, Memahami dan Melawan Penipuan di Dunia Maya".

BACA JUGA:KAI Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen

BACA JUGA:Awas! Jelang Lebaran Sering Ada Modus Penipuan via WhatsApp: Jangan Asal Klik

Sebagai narasumber dalam webinar ini adalah Dosen dan Peneliti Bidang Ilmu Komputer Afiyati; Kepala Unit ICT UNDIPA Makassar Erfan Hasmin; serta Ketua REDAXI Astari Yanuarti. 

Kegiatan ini menggandeng komunitas HPPMI Maros Komisariat UIN dan Kerukunan Keluarga Mahasiswa Bulukumba UIN Alauddin. 

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Tahun 2023, pengguna internet di Indonesia mencapai 215,62 juta atau setara 78,19 persen dari total populasi Indonesia. 

Di saat yang bersamaan, pertumbuhan pengguna yang masif ini membuka ruang yang lebih luas terhadap potensi meningkatnya penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), maupun internet.

BACA JUGA:Hati-hati Penipuan Mengatasnamakan Lowongan PLN dan Rekrutmen Bersama BUMN, Ingat yang Asli Tanpa Dipungut Biaya!

BACA JUGA:Lagi! Ini Kronologi Mahasiswi Terlibat Penipuan Tiket Konser Coldplay Sekaligus Paket Umrah

Pengukuran status literasi digital Indonesia 2023 terhadap 38 provinsi melaporkan bahwa kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan TIK semakin membaik dalam setahun terakhir. 

Indeks literasi digital Indonesia di awal 2023 ada di level 3,54 dari skala 1-5. Artinya, secara umum literasi digital masyarakat Indonesia ada di level "sedang". Indeks tersebut sedikit meningkat dibanding 2020 lalu yang ada di level 3,46.

Mengawali paparannya, Afiyati menjelaskan beberapa ciri penipuan di dunia maya. Pada umumnya adalah berupa tawaran menggiurkan berupa hadiah, diskon, atau tawaran peluang kerja. 

Ciri lainnya adalah permintaan mendadak dalam bentuk uang maupun data pribadi. Tak hanya itu, pelaku pada umumnya menggunakan akun palsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: