Taroko Amei

Taroko Amei

Gedung Uranus di Hualian, Taiwan, yang memiliki kemiringan 45 derajat akhirnya dirobobkan. -I-Hwa CHENG / AFP-AFP

Taiwan punya tiga PLTN. Semuanya  tidak terdampak gempa. Semua PLTN sudah dibuat tahan gempa sampai melebihi 9 skala Richter –belum pernah ada gempa lebih besar dari itu. Pun aman bila ada serangan bom.

Pabrik chip terbesar dunia yang berada di Taiwan, TSMC,  juga aman.

Taiwan pernah dilanda gempa lebih besar dari itu. Yang terbesar di 21 September 1999. Populer dengan nama Gempa Besar 921 (九二一大地震). Lokasinya di Jiji/Chichi (集集), Nantou

Saya pernah sekali ke Jiji. Yakni 5 tahun setelah gempa. Bukan untuk melihat bekas gempa. Tapi ke stasiun kereta Jiji yang ikonik dan bernuansa masa lalu. Stasiun ini dibangun Jepang tahun 1922. Lokasinya tak jauh dari Sun Moon Lake, tempat wisata populer di Taiwan. 

Gempa Hualian minggu lalu adalah gempa terbesar kedua. Namanya pun sudah dibuat: Gempa 403

Di Taiwan (dan juga Tiongkok daratan), sering memberi nama peristiwa penting dengan angka.

Sejak gempa 921, pemerintah Taiwan mensyaratkan seluruh pembangunan gedung harus tahan gempa. Karena itulah mereka berani membangun Gedung 101, yang pernah menjadi gedung tertinggi dunia (2004).

Gedung Uranus dibangun jauh sebelum gempa 921. Uranus sendiri sudah dapat kartu kuning saat gempa Hualian sebelumnya, di 2018.

Saya sudah sering pergi ke Hualian. Sudah sejak kuliah di Taiwan dulu. Sekarang pun masih sering ke sana: urusan Everyday Mandarin. Sesekali hanya untuk jalan-jalan. 

Saya tahu bos Disway juga beberapa kali ke Hualian: urusan Budha Tsuchi yang pusatnya memang di Hualian.

Hualian menjadi salah satu tempat healing favorit saya di Taiwan. Pernah beberapa kali sewa motor gelap di seberang stasiun kereta Hualian. 

Terakhir saya ke Hualian akhir musim panas  2023 lalu. Kami pergi bersama keluarga dari Indonesia. Saya bawa mobil sendiri. Dua jam dari Taipei. Saya pilih lewat jalan Suhua: menikmati pemandangan jurang terjal. Juga bisa berada di pesisir Samudera Pasifik. 

Titik pertama kami di Hualian adalah Pantai Qixingtan. Di bibir Samudera Pasifik langsung. Tentu bukan untuk berenang. Tapi untuk melihat  aksi pesawat tempur Taiwan. Lagi ada latikan di sana: di 佳山基地. 

Itu adalah pangkalan AU Taiwan. Dari sini Anda bisa menonton pesawat tempur F-16 take off dan landing

Butuh keberuntungan untuk bisa menontonnya secara gratis karena itu bukan pertunjukan. Sayang, ketika belum sempat mengeluarkan kamera, sebuah pesawat tempur keburu landing. Setelah kamera disiapkan, tidak ada lagi pesawat tempur yang take off

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: