Hari Pertama Idul Fitri 1445 Hijriah, Taman Makam Pahlawan Dipenuhi Peziarah

Hari Pertama Idul Fitri 1445 Hijriah, Taman Makam Pahlawan Dipenuhi Peziarah

Hari Pertama Idul Fitri 1445 Hijriah, Taman Makam Pahlawan Dipenuhi Peziarah-disway.id/Fajar Ilman-

JAKARTA, DISWAY.ID - Hari pertama Idul Fitri 1445 Hijriah menjadi momentum yang istimewa bagi umat Muslim di Indonesia, untuk melaksanakan tradisi ziarah ke makam keluarga.

Berdasarkan pantauan Disway.id di Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, ribuan orang datang silih berganti sejak pagi untuk melakukan ziarah kubur di makam keluarga, atau untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Mayoritas yang datang untuk ziarah kubur datang bersama keluarga dengan membawa anak anaknya untuk memberi tahu makam pendahulunya.

BACA JUGA:Gagal Masuk ke Istana Negara Acara Open House, Warga Pilih Pulang Menghindari Rusuh

BACA JUGA:Hari Pertama Lebaran 2024, Warga Antri Masuk ke Wisata Alam Kebun Raya Bogor

Suasana di sekitar Makam Pahlawan Kalibata terlihat ramai dengan kedatangan para peziarah dari berbagai daerah di sekitar Jakarta. 

Bahkan, untuk memasuki kawasan makam, para peziarah harus antri karena bentrok dengan orang yang akan keluar

Mereka datang dengan membawa bunga, kemenyan, dan sejumlah doa untuk dipersembahkan kepada para pahlawan yang telah gugur.

Tampak para peziarah berjalan di antara barisan makam, mengenang keluarga yang sudah tiada atau mengenang jasa para pahlawan nasional.

Beberapa di antara mereka juga membawa kembang tujuh rupa dan air bunga untuk ditaburkan ke makam serta bunga untuk memperindah makam.

BACA JUGA:Mudik Pas Lebaran Pertama, Pemuda Ini Mendapatkan Tiket KA Seharga Rp50 Ribu

BACA JUGA:PMJ Antisipasi Kemacetan Wilayah Aglomerasi

Meskipun cuaca Jakarta pada hari itu cukup terik, hal itu tidak menyurutkan semangat para peziarah untuk tetap melaksanakan ziarah. 

Para peziarah tetap bertahan dengan membawa payung atau menggunakan tenda-tenda yang disediakan oleh panitia untuk berteduh sejenak di antara prosesi ziarah mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: