PVMBG Turunkan Status Gunung Ruang dari Level Awas ke Siaga

PVMBG Turunkan Status Gunung Ruang dari Level Awas ke Siaga

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunungapi Ruang dari level IV 'awas' menjadi level III atau 'Siaga'-Dok. PVMBG Kementerian ESDM-

JAKARTA, DISWAY.ID - Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro mengalami penurunan aktivitas vulkanologi pagi ini.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunungapi Ruang dari level IV 'awas' menjadi level III atau 'Siaga'.

BACA JUGA:Erupsi Gunung Ruang Berpotensi Tsunami, PVMBG Imbau Masyarakat Jauhi Pantai

BACA JUGA:BNPB: 363 Rumah Rusak hingga 2 Gereja Rusak Akibat Erupsi Gunung Ruang

"Tingkat aktivitas Gunung Ruang diturunkan dari Level IV (Awas) menjadi Level III (Siaga) terhitung mulai tanggal 22 April 2024 pukul 09.00 WITA," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari dalam keterangannya, Senin.

Muhari mengatakan potensi bahaya saat ini berupa erupsi skala kecil, dengan sebaran material erupsi terbatas di sekitar puncak Gunung Ruang.

"Pelepasan gas berpotensi masih terjadi dengan skala cenderung menurun sebagai tahap akhir dari rangkaian erupsi," ujarnya.

BACA JUGA:Bandara Sam Ratulangi Ditutup, BNPB Ungkap Skenario Alternatif Penyaluran Logistik Pasca Erupsi Gunung Ruang

BACA JUGA:1 Helikopter BNPB Siaga Penuh Evakuasi Warga Dampak Erupsi Gunung Ruang

Meski demikian, ia meminta masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 4 km dari pusat kawah aktif.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PVMBG (@pvmbg_)

"Masyarakat yang bermukim pada wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 4 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 4 km," ungkapnya.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernapasan

BACA JUGA:Basarnas Sisir Wilayah Pesisir Cari Warga yang Terjebak Erupsi Gunung Ruang

PVMBG mencatat pada periode 1-22 April 2024, kegempaan yang tercatat di Gunung Ruang sebanyak 1352 kali gempa Vulkanik Dalam (VTA), gempa Vulkanik Dalam (VTB) 658 kali, 7 kali erupsi, 6 kali gempa Tektonik Lokal, dan 167 kali gempa Tektonik Jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: