Hormon Testosteron pada Pria Pengaruhi Kebotakan dan Kerontokan Rambut, Ini Kata Ahli Urologi

Hormon Testosteron pada Pria Pengaruhi Kebotakan dan Kerontokan Rambut, Ini Kata Ahli Urologi

Hormon testosteron dikaitkan dengan penyebab kebotakan-Ini penjelasan ahli-Freepik

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Rambut Rontok, Awas Jangan Dibiarkan Terlalu Lama

“Kemungkinan besar pada pria yang memiliki kecenderungan tersebut, yang memiliki kelainan genetik yang membuat mereka lebih mungkin mengalami kerontokan rambut, ketika mereka mengalami peningkatan DHT, mereka lebih cenderung melihat pola kerontokan rambut pria ketika mereka mungkin tidak akan bisa hidup tanpanya,” katanya.

Lalu, dalam sebuah penelitian terhadap pria transgender yang menggunakan testosteron sebagai bagian dari transisi medis, 5 hingga 17 persen ditemukan mengalami kerontokan rambut pada tahun pertama. Penelitian kecil lainnya menemukan bahwa dari mereka yang mengalami alopecia, sebagian besar kasusnya ringan.

“Secara genetis cenderung mengalami kerontokan rambut, kata Malik. 

BACA JUGA:Gak Perlu Pusing, Ini Solusi Rambut Rontok Untuk Para Wanita

"Pada akhirnya, testosteron memiliki banyak sekali manfaat... jadi jika rambut rontok merupakan kekhawatiran besar, penting untuk mengetahui bahwa ya, testosteron dapat mempercepat kerontokan rambut, dan mungkin 1 dari 5 atau kurang akan mengalaminya,” ujarnya. 

Jika Anda mengalami kerontokan rambut, terlepas dari masalah testosteron atau tidak, Malik menganjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit yang mungkin dapat membantu mengidentifikasi penyebab medis yang mendasarinya dan berpotensi menawarkan pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: