Awas Kena Tipu, Ini 4 Tips Transaksi Aman 5 Sempurna saat Belanja Online

Awas Kena Tipu, Ini 4 Tips Transaksi Aman 5 Sempurna saat Belanja Online

Tips Belanja Online Aman-Jangan mudah tertipu platform-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Saat ini, masyarakat dari berbagai kalangan memanfaatkan platform online dalam berbelanja untuk memenuhi kebutuhan. 

Dengan meningkatnya aktivitas online, resiko terjadinya kejahatan siber juga ikut meningkat.

Untuk itu, Bukalapak kembali mengajak pengguna untuk menjadi smart users melalui kampanye online 4 AMAN 5 Sempurna.

BACA JUGA:Viral Beli Sepatu Kena Pajak Rp31 Juta, Ini Tips Tak Kena Denda saat Belanja Online dari Luar Negeri

Tips Aman Belanja Online

AMAN kependekan dari Antisipasi, Menjaga Kerahasiaan, Atur ulang password, Nyalakan TFA (Two Factor Authentication), dan agar Sempurna, hubungi BukaBantuan jika menemukan sesuatu yang mencurigakan pada akun atau transaksi yang dilakukan di Bukalapak.

Kampanye ini juga selaras dengan komitmen pemerintah dalam menekankan perlindungan konsumen dari kejahatan siber. 

Situs aduankonten.id Kementerian Komunikasi dan Informatika telah membuat situs aduankonten.id sebagai gerakan untuk fokus terhadap komitmen tersebut. 

BACA JUGA:Tips Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan, Lakukan Cara Ini Demi Tak Ditipu

Situs aduankonten.id merupakan fasilitas pengaduan seluruh konten negatif dari website, media sosial, atau games yang dianggap melanggar UU ITE. 

Seluruh masyarakat Indonesia yang telah terdaftar di web aduankonten dapat melaporkan konten negatif yang ditemukan di seluruh platform online.

“Dengan adanya situs aduankonten.id, kami berharap dapat meminimalisir resiko kejahatan siber yang dihadapi oleh masyarakat. Untuk itu kami mengapresiasi upaya Bukalapak dalam mengadakan kampanye edukasi keamanan siber secara berkala karena kami percaya, semakin banyak pihak yang ikut berpartisipasi di dalam kampanye ini, akan semakin banyak juga masyarakat yang sadar untuk terus menjaga keamanan di platform online”, ujar Syamsul Arifin, Ketua Tim Pengendalian Konten Internet Negatif Kementerian Komunikasi dan Informatika.

BACA JUGA:Begini Tips Belanja Online Pakai BRImo e-Payment: Aman, Cepat dan Anti Ribet!

Untuk merayakan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) pada tanggal 20 April, Bukalapak juga akan mengadakan serangkaian aktivitas mulai dari apresiasi pelanggan yang sudah berupaya menjaga keamanan akunnya, mengedukasi pelanggan untuk lebih waspada terhadap modus penipuan, dan mengingatkan pelanggan untuk melakukan pencegahan melalui tips menjaga keamanan akun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: