Gagal Taklukan Hamas, Aharon Haliva, Jenderal Pertama Israel yang Dipaksa Mengundurkan Diri

Gagal Taklukan Hamas, Aharon Haliva, Jenderal Pertama Israel yang Dipaksa Mengundurkan Diri

Kepala Intelejen Militer Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Jenderal Aharon Haliva -X/@nexta_tv-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kepala Intelejen Militer Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Jenderal Aharon Haliva mengumumkan akan mengundurkan diri "dalam waktu dekat," menurut stasiun televisi Israel Channel 12. 

Channel 12 Israel mengungkapkan bahwa banyak perwira yang diperkirakan akan mengundurkan diri atau dipecat telah mencari perwakilan hukum “dalam persiapan untuk penyelidikan perang.”

BACA JUGA:Dua Menteri Israel Kecelakaan Dalam Waktu Berdekatan, Ben Gvir Pernah Ingin Jatuhkan Nuklir di Gaza

BACA JUGA:Biadab! Tentara Israel Curi Organ dan Kubur Hidup-hidup Ratusan Warga Palestina

Pengunduran diri yang mengejutkan ini adalah bagian dari pembersihan semua perwira yang dianggap bertanggung jawab karena gagal menghentikan serangan Hamas pada 7 Oktober tahun lalu.

Aharon Haliva adalah tokoh senior pertama yang mengundurkan diri terkait serangan tersebut, yang merupakan serangan paling mematikan dalam sejarah Israel. 

Para pejabat militer dan intelijen Israel mengabaikan atau mengabaikan sejumlah peringatan sebelum ratusan orang bersenjata Hamas menerobos pagar perbatasan Gaza dan menyerang komunitas-komunitas Israel di dekatnya, pangkalan-pangkalan militer dan sebuah gedung pencakar langit. Festival musik.

BACA JUGA:Hamas Setuju Solusi Dua Negara, Akhiri Konflik Israel - Palesrtina

BACA JUGA:Guru Besar dan Mahasiswa Ditahan Pemerintah Amerika Demi Bela Israel, Turunkan Sniper Pantau Demo yang Semakin Meluas

Beberapa petugas lainnya, termasuk Kepala badan keamanan dalam negeri Shin Bet Ronen Bar, juga diperkirakan akan mengundurkan diri.

Bahkan penerus Mayjen Haliva yang diharapkan yaitu Mayor Jenderal Yaron Finkelman dan Mayor Jenderal Eliezer Toledano - "kini dianggap sebagai bagian dari kegagalan".

Perkiraan waktu pengunduran diri tersebut cukup mengejutkan, mengingat Israel tampaknya terus melanjutkan rencana serangan di Rafah, Gaza selatan.


Ilustrasi Pasukan Israel-X/@raviagrawal3-

Invasi tersebut bertentangan dengan peringatan yang tak terhitung jumlahnya dari sekutu mengenai konsekuensi kemanusiaan yang sangat besar bagi 1,5 juta pengungsi Palestina yang berlindung di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: