Lowongan Penghulu 3.641 Orang, Kemenpan RB Setujui untuk CASN 2024

Lowongan Penghulu 3.641 Orang, Kemenpan RB Setujui untuk CASN 2024

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menyetujui formasi penghulu yang diajukan Kemenag untuk calon aparatur sipil negara (CASN) 2024.-Kementerian Agama-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menyetujui formasi penghulu yang diajukan Kemenag untuk calon aparatur sipil negara (CASN) 2024.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan, total ada 3.641 formasi Penghulu Ahli Pertama yang telah disetujui.

“Tahun 2024 akan ada formasi baru, jumlahnya 3.641 kuota Penghulu Ahli Pertama. Formasi itu sudah disetujui," papar Kamaruddin, Jumat, 9 Mei 2024.

BACA JUGA:Sosok Pria Ajak Conten Creator Korea Main ke Hotelnya Dibongkar Netizen: Kepala Kantor di Kolaka

BACA JUGA:Pemain Naturalisasi Baru Dibocarkan Arya Mahendra Sinulingga: Persiapan Kualifikasi Piala Dunia Grup F 2026

Sementara untuk formasi Penghulu Madya dan Utama, sampai hari ini belum ada respons pasti dari Kemenpan RB, namun kita optimis usulan kita disetujui,” papar Kamaruddin, Jumat, 9 Mei 2024.

Mengenai belum adanya respons KemenPAN-RB terhadap kebutuhan Penghulu Madya dan Utama, Kamaruddin menilai hal itu bukanlah soal substansi, tetapi persoalan teknis saja.

"Saya rasa kita juga perlu menyampaikan urgensi adanya Penghulu Madya dan Utama. Karena tugas penghulu bukan hanya mencatat peristiwa pernikahan, tetapi seluruh dinamika sosial keagamaan di masyarakat juga harus direspons oleh penghulu," ujarnya.

BACA JUGA:Israel Gempur Rafah Timur Setelah Gagalnya Gencatan Senjata

BACA JUGA:Pesan Prabowo Untuk Elit Indonesia: Jangan Ganggu Kalau Tak Ingin Bekerjasama!

Sementara itu, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag RI Zainal Mustamin mengatakan kebutuhan jabatan penghulu fungsional secara nasional mencapai 16.263 orang, sementara yang tersedia saat ini hanya 9.054 penghulu.

“Penghulu yang akan pensiun hingga tahun 2027 sangat banyak, mencapai 2.383 orang. Jumlah ini sangat besar tetapi kita bersyukur kuota formasi tahun ini bertambah,” paparnya.

Zainal mengatakan sebelumnya Kemenag menyampaikan kebutuhan formasi 7.012 orang Penghulu Ahli Pertama.

“Alhamdulillah di tahun ini mendapat kuota 3.641 CASN, separuh dari usulan awal," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: