Mengenal Metode Psychological Checkup A2G, Apa Itu? Ampuh Deteksi Gangguan Psikologis Anak

Mengenal Metode Psychological Checkup A2G, Apa Itu? Ampuh Deteksi Gangguan Psikologis Anak

Ini saran untuk mengenal karakter anak-Ada metode untuk mengetahui psikologis si kecil-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID -  Bunda, penting untuk mengetahui karakter anak sejak dini. 

Mengetahui kondisi psikologis anak dan remaja sejak dini sangat penting untuk mempersiapkan mereka di setiap tahap kehidupannya agar mampu berkembang menjadi individu dewasa yang dapat berfungsi secara maksimal.

Selain itu, membentuk karakter sejak dini juga harus dilakukan dalam proses mengembangkan budi pekerti dan intelektual anak.

Psikolog Klinis Forensik, A. Kasandra Putranto menjelaskan, anak dan remaja merupakan kelompok yang sangat strategis dan efektif dalam pembinaan dan pembentukan karakter.

BACA JUGA:Rumah Tangga dengan Ruben Onsu Jadi Sorotan, Sarwendah Gak Kuat Sampai Cari Psikolog Anak

Kendati demikian, hal ini tidak bisa dilakukan secara langsung, melainkan perlahan dan sistematis.

"Tentu tidak bisa langsung sehingga harus bertahap gitu dan perlahan-lahan sampai mereka bisa memahami," terang Kasandra pada program Layanan Jakarta on TV, Sabtu, 11 Mei 2024.

Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui profil psikologis anak dan remaja, agar orang tua dapat mengetahui cara yang tepat dan efektif dalam mendidik serta menanamkan karakter positif pada anak.

Kasandra memperkenalkan gerakan Attitude Achievement fot Titanium Generation (A to G) untuk membangun pekerti dan prestasi anak dan remaja, yang sekaligus dapat digunakan sebagai alat untuk mendeteksi masalah psikologis pada anak dan remaja sejak dini.

BACA JUGA:Mengenal Metode Psychological Checkup A2G, Apa Itu? Ampuh Deteksi Gangguan Psikologis Anak

Setiap unsur dari A B C D E F G ini diharapkan dapat menjadi metode yang dapat membentuk generasi yang tangguh, yang memiliki kemampuan dan mental yang kuat, layaknya titanium.

"Metode ini bisa digunakan oleh orang tua di rumah untuk bisa melakukan deteksi dini seberapa jauh anaknya punya masalah," sambungnya

Kasandra memaparkan, A (Attitude and Achievement) berarti pekerti dan prestasi, anak harus mendapatkan arahan untuk menanamkan nilai pekerti dan prestasi sejak dini, B (Big Brain and Big Heart) berarti anak harus diajarkan supaya menjaga otak dan hati agar memiliki pemahaman dan perilaku yang sesuai dengan norma-norma.

Kemudian C (Care and Love) yang berarti orang tua wajib menanamkan nilai-nilai kasih sayang dan cinta kepada anak, agar mereka bisa merasakan dan menampilkan cinta dan perhatian kepada orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: