Tinjau Fasilitas Layanan Kesehatan di Muna, Presiden Jokowi Banyak Temukan Warga Derita Stroke dan Jantung

Tinjau Fasilitas Layanan Kesehatan di Muna, Presiden Jokowi Banyak Temukan Warga Derita Stroke dan Jantung

Tinjau Fasilitas Layanan Kesehatan di Muna, Presiden Jokowi Banyak Temukan Warga Derita Stroke dan Jantung-Dok.Kemenkes-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Presiden Jokowi dan Menkes Budi Gunadi Sadikin, melakukan peninjauan fasilitas layanan kesehatan ke RSUD dr. Baharuddin Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengaku telah banyak menemukan warga setempat yang menderita penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta agar layanan kesehatan dua penyakit itu diperluas, hingga daerah kecil seperti di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA:Gugatan Korban Penipuan Jual Beli Iphone Dikabulkan, Si Kembar Rihana-Rihani Wajib Ganti Rugi 16,5 Miliar!

BACA JUGA:Siap-Siap War! BNI Spoiler Bakal Rilis TapCash Edisi Spesial NCT 127 dan WayV

"Saya lihat hampir di semua daerah, penyakit yang menonjol itu adalah stroke dan jantung. Problemnya, kalau di sebuah kabupaten atau kota yang jauh dari provinsi, kalau tidak segera ditangani nanti akan menjadi problem,” ujar Jokowi dalam keterangan yang diterima oleh Disway.id, Rabu 15 Mei 2024.

Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus memberikan bantuan kepada rumah sakit daerah, seperti RSUD dr. Baharuddin Kabupaten Muna, sebagai dukungan terhadap layanan penyakit jantung dan stroke di daerah. 

Pemerintah pusat memberikan berbagai bantuan seperti CT Scan, Catheterization Laboratory (Cath Lab), dan bantuan lain kepada RSUD untuk pelayanan stroke dan jantung di daerah.

"Oleh sebab itu sekarang, Kementerian Kesehatan banyak mengirimkan CT Scan, Cath Lab, mammogram. Saya kira, ini yang selalu saya cek di rumah sakit di daerah. Di sini yang ada. Sudah dikirim CT Scan-nya. Dokter spesialisnya, Alhamdulillah juga ada," ujar Jokowi.

BACA JUGA:Dampak Mengerikan Jika Terus Gunakan BBM Pertalite, Pengamat: Bencana Dunia Mengintai

BACA JUGA:2 Bulan Sejak Ancaman Eksekusi Pilot Susi Air, Egianus Kagoya Hilang Tanpa Kabar

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa kelengkapan alat kesehatan di RSUD harus diimbangi oleh keberadaan dokter spesialis.

"Untuk kesehatan yang paling penting nanti CT Scan ada. Nanti akan dikirim lagi mammogram, Catch Lab, biar kelengkapan alat kesehatannya semuanya standar. Tetapi juga harus ada dokter spesialis yang dapat mengoperasikan alat-alat yang sangat modern ini," kata Presiden Jokowi.

Menanggapi kebutuhan dokter spesialis, Direktur RSUD dr. Baharuddin Kabupaten Muna Muhammad Marlin menyatakan, RSUD dr. Baharuddin telah memiliki 4 layanan spesialis dasar seperti spesialis anak, bedah, penyakit dalam, dan obgin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: