Pemprov DKI Terus Tingkatkan Fasilitas Transportasi untuk Penyandang Disabilitas

Pemprov DKI Terus Tingkatkan Fasilitas Transportasi untuk Penyandang Disabilitas

Libur Hari Raya Waisak, Dishub DKI Tiadakan Ganjil Genap-Disway/Candra Permana-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan akan terus berupaya menyediakan transportasi ramah bagi kaum rentan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan, Syafrin Liputo saat ditemui di Balaikota Jakarta pada Selasa, 21 Mei 2024.

BACA JUGA:Selebgram Zoe Levana Disanksi Tilang Gegara Mobilnya Sengaja Masuk Jalur Busway

BACA JUGA:Dukung Pencanangan HUT Ke-497 Kota Jakarta, Dishub DKI Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI

Syafrin menyampaikan, kedatangannya ke Balaikota itu dalam rangka mengimplementasikan apa yang sudah menjadi visi-misi Kota Jakarta dalam membangun transportasi yang inklusif.

"Artinya kita terus berupaya menyediakan layanan transportasi yang ramah bagi kaum rentan. Jadi rekan-rekan yang memiliki keterbatasan itu terus diupayakan oleh Pemprov DKI Jakarta," ujar Syafrin di Balaikota Jakarta pada Selasa, 21 Mei 2024.

Syafrin menjelaskan, layanan angkutan umum seperti contoh untuk transjakarta telah dilakukan perubahan terhadap standar pelayanan minimum.

BACA JUGA:Puluhan Jukir Liar Digaruk Dishub DKI Jakarta di 45 Minimarket

"Sebelumnya berdasarkan pergub nomor 13 tahun 2019 tentang standar pelayanan minimal transjakarta layanan transjakarta, ini sudah direvisi berdasarkan peraturan gubernur nomor 2 tahun 2024 tentang standar pelayanan minimal pelayanan transjakarta," tuturnya.

Dimana dalam peraturan itu terdapat penyesuaian. Baik itu dari sisi penyediaan sarana maupun prasarana. 

"Dan sistem, menyediakan layanan yang lebih mengakomodir kebutuhan rekan-rekan yang memiliki kerentanan tadi," imbuhnya.

BACA JUGA:Gandeng Disnaker, Dishub DKI Jakarta Beri Pelatihan Kerja Bagi Juru Parkir Liar

Syafrin memberikan gambaran lebih lanjut, contohnya dipersyaratkan dalam penyediaan fasilitas pejalan kaki yang terintegrasi dengan halte transjakarta.

"Itu harus ada guidance block atau ubin pemandu, demikian pula halnya tetap memperhatikan rem untuk rekan-rekan rentan tadi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: