Dorong Kemajuan Industri Agro, Kemenperin Latih SDM Kelapa dari Negara-negara Karibia

Dorong Kemajuan Industri Agro, Kemenperin Latih SDM Kelapa dari Negara-negara Karibia

Kementerian Perindustrian melakukan penyusunan roadmap hilirisasi kelapa untuk pengembangan ekosistem kelapa terpadu demi memaksimalkan potensi kelapa yang melimpah di Indonesia dan memberikan pelatihan untuk negara-negara di kawasan Karibia.-Kemenperin -

JAKARTA, DISWAY.ID - Sebagai salah satu komoditas yang memiliki peluang besar dalam hal diversifikasi produk.

Dengan diversifikasi tersebut, kelapa tidak hanya dijual utuh, namun juga dapat diolah menjadi berbagai produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Hal ini juga merupakan salah satu upaya penerapan hilirisasi industri berbasis agro.

Untuk alasan inilah, Kementerian Perindustrian melakukan penyusunan roadmap hilirisasi kelapa untuk pengembangan ekosistem kelapa terpadu demi memaksimalkan potensi kelapa yang melimpah di Indonesia.

BACA JUGA:KAI Operasikan 1.500 KA Sambut Libur Panjang Waisak

BACA JUGA:4 Kantor PT Telkom di Jakarta Digeledah KPK

"Kementerian Perindustrian terus mendorong hilirisasi komoditas kelapa, karena potensinya yang berlimpah di Indonesia," ujar Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulisnya pada Rabu 22 Mei.

Dalam melaksanakan hilirisasi kelapa ini, kompetensi sumber daya manusia (SDM) industri pengolahan kelapa merupakan faktor penting yang mendukung keberhasilan.

Kemampuan SDM industri dalam menciptakan beberapa produk olahan kelapa ternyata membuat Indonesia dilirik oleh negara internasional, salah satunya dari negara-negara di kawasan Karibia.

BACA JUGA:Bahas Kasus Gilbert Lumoindong, Ketum PITI Mengahadap Ali Mochtar Ngabalin

BACA JUGA:Pegi Setiawan Ditangkap Pulang Nguli, Ganti Identitas Terkait Kasus Vina Cirebon

Menangapi hal ini, Politeknik ATI Padang sebagai salah satu unit pendidikan Kemenperin menyelenggarakan pelatihan kapasitas diversifikasi pengolahan produk kelapa bagi perwakilan negara-negara tersebut.

"Melalui program pelatihan ini, Politeknik Kemenperin membagikan pengalaman kepada negara sahabat dalam mengembangkan SDM Industri yang kompeten dan membawa kemajuan industri. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu dan memberi manfaat bagi sahabat-sahabat kita di negara lain," ujar Masrokhan, Kepala Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI).

BACA JUGA:40 Varian Rasa Es Krim Joyday Manfaatkan Bahan Baku Dalam Negeri, Tersebar hingga 16 Negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: