Kemendag Beri Solusi Kepada Pelaku Usaha lewat Permendag Nomor 8 Tahun 2024

Kemendag Beri Solusi Kepada Pelaku Usaha lewat Permendag Nomor 8 Tahun 2024

Presiden Jokowi menjelaskan tentang KUR memiliki skema pembiayaan yang berbeda-beda. Ia juga menjelaskan beberapa skema pembayaran yang dapat dimanfaatkan UMKM untuk pembiayaan modal. --Freepik

Komoditas - komoditas yang dimaksud adalah elektronik, obat tradisional dan suplemen kesehatan, kosmetik dan perbekalan kesehatan rumah tangga, alas kaki, pakaian jadi dan aksesoris pakaian jadi, tas, katup, bahan baku pelumas, bahan kimia tertentu (1 HS), tekstil dan produk tekstil (2 HS), dan barang tekstil sudah jadi lainnya (1 HS).

Selain pengaturan impor untuk komoditas, Kemendag juga akan pengaturan pengeluaran barang impor khusus untuk komoditas yang tiba di pelabuhan tujuan mulai 10 Maret 2024 sampai 17 Mei 2024 dan tertahan di pelabuhan tujuan. 

Terdapat setidaknya 26 ribu kontainer dalam kondisi tersebut. Arief juga menambahkan bahwa Kemendag juga akan menerapkan relaksasi pengaturan pengeluaran barang impor khusus untuk komoditas yang tiba di pelabuhan tujuan mulai 10 Maret 2024 sampai 17 Mei 2024 dan tertahan di pelabuhan tujuan. 

BACA JUGA:Jangan Khawatir, Kemendag Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Jelang Lebaran

BACA JUGA:Kemendagri Beberkan Isu Strategis 4 Daerah Otonom Baru Papua

Terdapat setidaknya 26 ribu kontainer dalam kondisi tersebut.

"Kami harap, langkah cepat pemerintah menerbitkan Permendag Nomor 8 Tahun 2024 ini dapat mengatasi berbagai hambatan dalam proses impor dan mendukung kelancaran perdagangan di Indonesia," kata Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: