PT Pos Indonesia Buka Layanan Cargo Jamaah Haji, Rp 99 Ribu Per Kilogram

PT Pos Indonesia Buka Layanan Cargo Jamaah Haji, Rp 99 Ribu Per Kilogram

Rulit Candra, vice president Int Business PT Pos Indonesia.-Tomy Gutomo-Media Center Haji

MADINAH, DISWAY.ID – Jamaah haji yang belanjaannya sudah mulai merepotkan, bisa mengirimnya lebih dulu ke tanah air. Daripada saat pulang nanti terkena kelebihan bagasi di pesawat.

Salah satu alternatifnya adalah mengirim oleh-oleh melalui cargo. PT Pos Indonesia membuka layanan cargo khusus bagi jamaah haji Indonesia di Makkah dan Madinah. "Bisa lebih murah dan praktis daripada kena over-baggage pesawat," kata Rulit Candra, vice president International Business PT Pos Indonesia kepada tim Media Center Haji (MCH) di Madinah. 


Layanan Cargo Jamaah Haji PT Pos Indonesia--Media Center Haji

Saat penumpang mengalami kelebihan bagasi di pesawat, belum tentu barangnya bisa terangkut bersamaan dengan penumpang. Apalagi kalau muatan pesawat sudah penuh.  Biayanya juga bakal mahal. 

BACA JUGA:Hasil Pemeriksaan 24 WNI Arab Saudi, 22 Jamaah Dibebaskan, Tetap Tak Boleh Masuk Makkah

BACA JUGA:24 WNI Ditangkap saat Miqat di Bir Ali karena Tak Punya Visa Haji

Tarif cargo udara PT Pos Indonesia sejauh ini yang termurah di Arab Saudi. Setidaknya dibandingkan dengan cargo swasta nasional atau cargo milik perusahaan di Arab Saudi. "Ongkos di PT Pos Indonesia 22 riyal per kilogram. Sekitar Rp 99 ribu. Tidak ada batas minimal beratnya," kata Rulit.

Itu biaya pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Jawa maupun luar jawa. Kota maupn desa. Ongkosnya sama. Lama pengiriman, kata Rulit, 2-3 minggu. Bergantung lokasi alamat tujuan.

BACA JUGA:Masjid Qiblatain di Madinah Punya Dua Kiblat Bertolak Belakang, Tempat Ziarah Jamaah Haji

BACA JUGA:24 WNI Ditangkap saat Miqat di Bir Ali karena Tak Punya Visa Haji

Untuk memanfaatkan jasa cargo PT Pos Indonesia, jamaah haji tinggal menghubungi PT Pos Indonesia melalui WhatsApp atau DM di Instagram PT Pos Indonesia. Selanjutnya, petugas PT Pos Indonesia akan datang ke hotel jamaah haji untuk menimbang barang yang akan dikirim.

"Nanti ada biaya kardus yang nominalnya mulai Rp 36 ribu. Sebab, kardus yang digunakan harus kardus dari PT Pos Indonesia," kata Rulit.

Sejauh ini, kata Rulit, sudah banyak jamaah haji Indonesia yang memanfaatkan layanan cargo PT Pos Indonesia. Termasuk jamaah yang alamat pengirimannya di pelosok. Semua akan dilayani petugas. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: