Jawaban Soal PMM 2024: Bagaimana Refleksi Anda Tentang Praktik Kinerja Anda Selama Observasi Praktik Kinerja?

Jawaban Soal PMM 2024: Bagaimana Refleksi Anda Tentang Praktik Kinerja Anda Selama Observasi Praktik Kinerja?

Ilustras PMM (Platform Merdeka Mengajar) 2024--Canva

Dari hasil observasi ini, saya merasa kurang memotivasi peserta didik untuk berperan aktif dalam prsoes pembelajaran dan saya juga belum sepenuhnya dapat melibatkan peserta didik saat pembagian peran yang diinginkan.

Peserta didik belum optimal dalam menjalankan perannya dalam kelompok, hal tersebut juga terlihat dari beberapa anggota kelompok yang masih belum memiliki peran di dalam kelompoknya.

BACA JUGA:3 Referensi Jawaban Soal PMM 2024 'Apa Dukungan yang Anda Butuhkan untuk Melakukan Upaya Tindak Lanjut?'

Perubahan yang akan saya lakukan ialah dengan memberikan motivasi, dukungan dan juga kesempatan pada peserta didik dalam berbagi peran sesuai dengan keinginannya agar dapat aktif dalam kegiatan pembelajaran.

3. Keteraturan Suasana Kelas

Kemampuan yang saya miliki dalam melakukan manajemen kelas, terlebih dalam menciptakan pembelajaran yang kondusif tanpa adanya gangguan di kelas juga belum bisa maksimal.

Ada beberapa peserta didik masih memiliki rasa kurang percaya diri. Hal tersebut dikarenakan saya belum sepenuhnya membangun komunikasi positif untuk meningkatkan hubungan yang menyenangkan dengan mereka.

Untuk ke depannya, saya mencoba pastikan agar pembelajaran di kelas dapat dilaksanakan secara kondusif sehingga peserta didik lebih merasa dihargai dan bermakna dalam mengikuti proses pembelajaran.

BACA JUGA:Contoh Jawaban dari Soal 'Jelaskan Manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja di PMM untuk Guru dan Kepala Sekolah', Cek di Sini!

4. Perhatian dan Kepedulian

Ada banyak peserta didik yang belum mencoba aktif dalam menyampaikan pendapat.

Hal ini dikarenakan, saya masih kurang memberikan tanggapan yang positif pada pendapat peserta didik sehingga sebagian dari mereka menjadi tidak berani untuk menyampaikan pendapatnya.

Ke depannya, saya mencoba untuk berikan ruang bagi peserta didik agar dapat menyampaikan pendapat mereka dan memberikan apresiasi untuk yang berani berpendapat.

5. Ekspetasi pada Peserta Didik

BACA JUGA:7 Contoh Jawaban Soal PMM 2024 'Bagaimana Rencana Anda dalam Mengatasi Tantangan Agar Bisa Memastikan Perubahan?', Referensi untuk Guru!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: