Daftar Wilayah Indonesia yang Diprediksi Terkena Dampak Badai La Nina pada Pertengahan Tahun 2024, Paling Sering di Kalimantan!

Daftar Wilayah Indonesia yang Diprediksi Terkena Dampak Badai La Nina pada Pertengahan Tahun 2024, Paling Sering di Kalimantan!

Daftar wilayah Indonesia yang diprediksi terkena dampak La Nina.-Rifki Kurniawan-Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID - Wilayah Indonesia diprediksi akan kembali menghadapi fenomena anomali iklim La Nina yang terjadi pada pertengahan tahun 2024 ini.

Menurut WMO (Organisasi Meteorologi Dunia), kondisi di akhir tahun 2024 nanti akan cenderung lebih dingin dibandingkan dengan kondisi pada saat ini dan beberapa bulan terakhir.

Memang, biasanya fenomena La Nina ini akan membawa curah hujan tinggi yang dapat menyebabkan timbulnya banjir serta badai tropis di berbagai wilayah Indonesia.

BACA JUGA:Gelombang Badai La Nina Tak Akan Lama Lagi Hantam Indonesia, Intip Jadwal Lengkapnya

BACA JUGA:Penyebab Terjadinya Fenomena La Nina yang Diprediksi Muncul Juni 2024, Warga Siap-Siap!

Sebagai informasi, La Nina sendiri merupakan fenomena iklim yang terjadi secara periodik di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur, ditandai dengan pendinginan suhu permukaan laut yang signifikan.

Yang mana, fenomena ini dapat mengakibatkan kurangnya potensi pertumbuhan awan di Samudra Pasifik tengah serta meningkatnya curah hujan di wilayah tropis seperti Indonesia.

Sementara itu, menurut prediksi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ada sejumlah wilayah yang diprediksi bakal kena dampak La Nina, di antaranya:

1. Bulan Juni 2024

Wilayah yang diprediksi bakal terkena dampak La Nina di bulan Juni 2024 meliputi sebagian Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Ustara, Maluku, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

BACA JUGA:Ngeri! Fenomena La Nina Bakal Menghantui Indonesia di Pertengahan Tahun, Siap-Siap Badai Besar Mengintai

2. Bulan Juli 2024

Wilayah yang diprediksi bakal terkena dampak La Nina di bulan Juli 2024 meliputi sebagian Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua Barat Daya Papua Pegunungan dan Papua Tengah.

3. Bulan Agustus 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: