Menag Cek Kesiapan Armuzna, Jamaah Haji Indonesia Dapat Tenda Model Baru di Arafah

Menag Cek Kesiapan Armuzna, Jamaah Haji Indonesia Dapat Tenda Model Baru di Arafah

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melihat tenda yang akan ditempati jamaah haji di Arafah. --Media Center Haji

MAKKAH, DISWAY.ID – Puncak haji tinggal dua hari lagi. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama rombongan Amirul Haj mellihat persiapan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Banyak fasilitas baru bagi jamaah haji Indonesia bila dibandingkan dengan musim haji tahun lalu.

Gus Men –sapaan Menag Yaqut Cholil Qoumas– secara detail melihat semua fasilitas yang akan dinikmati para jamaah haji Indonesia. Mulai dari tenda, toilet, AC, dapur, hingga tempat ibadah. 

Dari pantauan Gus Men, persiapan sudah terlihat 100 persen. Selain sudah bisa dinyatakan siap, kualitas dari fasilitas tersebut juga mengalami perbaikan yang signifikan. 


Pos kesehatan untuk jamaah haji di Arafah dicek oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. --Media Center Haji

”Segala upaya sudah kita lakukan. Kita juga sudah cek semua fasilitas. Banyak perubahan yang dilakukan pihak masyariq. Sekarang tinggal Bismillaahi Tawakkaltu Alallaah. Kita bertawakal kepada Allah. Semoga layanan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan makin baik,” kata Yaqut saat berada di Arafah, Selasa, 11 Juni 2024.

BACA JUGA:Ini Skema dan Skenario Pergerakan Jamaah Indonesia saat Puncak Haji

BACA JUGA:Jadi Petugas Haji, dr Nana Wisuda S2 di UMY dari Tanah Suci

Hasil pengecekan Gus men di sejumlah maktab, semua fasilitas dinilai sangat layak. Toilet misalnya, jumlahnya lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Space-nya juga lebih luas. 

Kualitas tenda di Arafah untuk penginapan jamaah juga berbeda. Masyariq, vendor yang dipercaya Kemenag, menyiapkan tenda-tenda dengan spesifikasi yang lebih bagus. Termasuk di maktab 39 yang ditinjau menag.

Tenda-tenda di maktab kali ini lebih representatif. Atap dan dindingnya memakai bahan khusus. Lebih mampu menahan sengatan panas matahari. Suhu di Arafah saat wukuf nanti diprediksi bisa mencapai 50 derajat Celsius. 


Tenda yang akan ditempati jamaah haji Indonesia di Mina.--Media Center Haji

Fasilitas penunjang lainnya juga cukup baik. Misalnya colokan listrik hingga charger magnetic untuk pengisian baterai ponsel.  

Tenda dengan spesifikasi baru ini memang belum untuk semua maktab. Hanya 30 ribu dari 213 ribu jamaah reguler yang akan menempati tenda model baru tersebut. ”Sebenarnya tahun ini kami ingin semua tenda bisa seperti ini. Tapi waktunya tidak cukup. Kami harapkan, semoga tahun depan semua tenda jamaah kita sudah seperti ini,” katanya.  

BACA JUGA:Ini Makanan Jamaah Haji selama di Armuzna, Ada Nasi Rendang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: