Skybridge Hubungkan Terminal Poris Plawad dan Stasiun Batu Ceper Bakal Dibangun

Skybridge Hubungkan Terminal Poris Plawad dan Stasiun Batu Ceper Bakal Dibangun

Kemenhub melalui BPTJ berencana membangun skybridge yang menghubungkan Terminal Tipe A Poris Plawad dengan Stasiun Batu Ceper. -Kemenhub-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana membangun skybridge atau jembatan layang tertutup yang akan menghubungkan Terminal Tipe A Poris Plawad dengan Stasiun Batu Ceper, Kota Tangerang. 

Rencana pembangunan jembatan bagi pejalan kaki itu diungkapkan Direktur Prasarana BPTJ, Zamrides, Selasa, 25 Juni 2024.

Diungkapkannya, tujuan pembangunan Skybridge ini untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan bagi pejalan kaki serta pengguna transportasi umum. 

BACA JUGA:Modus ASN Kemenhub Dalam Kasus Korupsi DJKA Diungkap KPK

BACA JUGA:Kemenhub Temukan 37 Bus Tak Laik Jalan di Sepanjang Jalur Wisata Bogor-Jakarta

Zamrides menjelaskan bahwa pembangunan skybridge Poris Plawad telah diusulkan dalam Rencana Anggaran Tahun 2025. 

Skybridge ini bukan cuma menghubungkan Terminal Poris Plawad dengan Stasiun Batu Ceper, tetapi juga sebagai penyeberangan yang aman bagi pejalan kaki. 

“Ini sangat penting untuk meningkatkan keselamatan transportasi, terutama bagi pejalan kaki dan pengguna transportasi umum, serta menyatukan wilayah utara dan selatan yang terpisahkan oleh jalur kereta api dan Jalan Raya Benteng Betawi," ujar Zamrides. 

Sebagai bagian dari upaya mewujudkan fasilitas integrasi transportasi yang seamless, Zamrides menjelaskan pembangunan Skybridge ini akan disertai dengan penataan ulang zonasi dan pergerakan penumpang di Terminal Poris Plawad. 

"Penataan ini diharapkan dapat mendukung program pembangunan skybridge Poris Plawad dan memastikan pergerakan penumpang yang lebih teratur dan efisien," jelasnya. 

BACA JUGA:Perlawanannya Dikabulkan, KPK Apresiasi Putusan Pengadilan Terkait Perkara Gazalba Saleh

BACA JUGA:Mendagri Tito Karnavian Sebut Ada 5 Pj Gubernur yang Maju di Pilkada 2024

Lebih lanjut, Zamrides mengungkapkan, pembangunan skybridge ini juga akan mengutamakan prinsip inklusif untuk pengguna disabilitas, sehingga semua pengguna dapat merasakan manfaat dari fasilitas ini. 

Sebagai langkah strategis untuk mengoptimalkan penggunaan skybridge, nantinya pintu selatan Stasiun Batu Ceper akan ditutup setelah skybridge beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: