Kemenhub Subsidi Trasportasi Umum di Kawasan Danau Toba, Berikut Jadwal dan Tarifnya

Kemenhub Subsidi Trasportasi Umum di Kawasan Danau Toba, Berikut Jadwal dan Tarifnya

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memberikan dukungan berupa subsidi angkutan untuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.--Kemenhub

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memberikan dukungan berupa subsidi angkutan untuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Hal ini bertujuan untuk memperkuat konektivitas dan aksesibilitas ke destinasi wisata tersebut.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sumatera Utara, Dadan M. Ramdan berharap dengan adanya subsidi angkutan ini dapat memudahkan wisatawan dalam perjalanan dan juga mendukung pengembangan wisata lokal.

BACA JUGA:Modus ASN Kemenhub Dalam Kasus Korupsi DJKA Diungkap KPK

Adapun, subsidi ini mencakup angkutan KSPN seperti bus yang dioperasikan secara khusus untuk melayani rute-rute ke Danau Toba.

"Terdapat 3 (tiga) rute yang disubsidi diantaranya rute Pelabuhan Ajibata-Bandara Silangit, rute Pelabuhan Ajibata-Stasiun Pematangsiantar dan rute Pakkat-Bandara Silangit," kata Dadan dalam keterangan resminya pada Kamis, 27 Juni 2024.

Dadan menegaskan pada tahun 2024 ini terdapat anggaran subsidi sebesar Rp2.687.296.670 untuk ketiga rute tersebut yang akan dilaksanakan oleh Perum DAMRI sebagai operator pelaksanaan. 

BACA JUGA:Kemenhub Temukan 37 Bus Tak Laik Jalan di Sepanjang Jalur Wisata Bogor-Jakarta

"Saat ini untuk mengetahui informasi seputar angkutan KSPN, Ditjen Perhubungan Darat juga telah menyediakan fitur Tracking Bus KSPN yang tersedia dalam aplikasi MitraDarat dan dapat diunduh di Play Store dan App Store," ujar Dadan.

Sementara itu, Manager Usaha Perum DAMRI Cabang Medan, Hakam Fikril Amarullah mengungkapkan bahwa DAMRI memiliki peranan penting dalam menyediakan layanan yang terbaik untuk memudahkan perjalanan bagi masyarakat yang berkunjung di Danau Toba.

Berikut informasi jadwal operasional angkutan KSPN Danau Toba:

BACA JUGA:Kemenhub Rutin Periksa Bus Pariwisata, 71 Persen Penuhi Aspek Administrasi dan Persyaratan Teknis

1. Pelabuhan Ajibata-Bandara Silangit dengan tarif Rp9.600. Keberangkatan dari Pelabuhan Ajibata pukul 06.00 WIB, 11.00 WIB, dan 16.00 WIB.

Sedangkan, keberangkatan dari Bandara Silangit pukul 08.30 WIB, 13.30 WIB, dan 18.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: