Rasa Tak Nyaman di Dada Hingga Keringat Dingin, Waspada Gejala Penyakit Jantung Koroner

Rasa Tak Nyaman di Dada Hingga Keringat Dingin, Waspada Gejala Penyakit Jantung Koroner

Banyak faktor yang menyebabkan orang terkena penyakit jantung, salah satunya lewat makanan yang sering dikonsumsi. Anda perlu waspada untuk menghindari beberapa makanan yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. --Anlene

Sebanyak 80% penderita meninggal mendadak karena serangan jantung, dan 50% diantaranya tanpa gejala sebelumnya.

BACA JUGA:Ini Rekomendasi Pilihan Staycation Luxury Hotel di Jantung Kota Jakarta Kawasan Thamrin

Tanda dan gejala khas penyakit jantung koroner diantaranya adanya rasa tidak nyaman di dada atau nyeri dada (angina) yang berlangsung selama lebih dari 20 menit saat istirahat atau saat aktivitas yang disertai gejala keringat dingin atau gejala lainnya seperti lemah, rasa mual, dan pusing.

Jenis Penyakit Jantung Koroner

Jantung koroner dibagi menjadi dua jenis faktor yaitu yang tidak dapat dimodifikasi dan dapat dimodifikasi.

Faktor-faktor yang tidak dapat dimodifikasi di antaranya pertambahan usia (pada laki-laki usia >45 tahun dan perempuan >55 tahun), jenis kelamin (laki-laki lebih berisiko), dan terdapat riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner.

BACA JUGA:Kurangi Lemak Trans, Biang Kerok Pemicu Penyakit Jantung

Sementara faktor-faktor yang dapat dimodifikasi diantaranya status merokok, obesitas, hipertensi, diabetes mellitus, peningkatan kadar kolestorol, serta kurangnya aktivitas fisik

“Pada pasien dengan penyakit jantung koroner terdapat beberapa tindakan pengobatan yang dapat dilakukan, diantaranya pemasangan ring, pemasangan PCI, dan operasi CABG. Tindakan-tindakan ini tujuannya sama yaitu untuk memperlancar aliran darah yang sebelumnya tersumbat” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: