Balikpapan City Trans Mulai Diuji Coba, Ditjen Perhubungan Darat: Dukung Transportasi IKN

Balikpapan City Trans Mulai Diuji Coba, Ditjen Perhubungan Darat: Dukung Transportasi IKN

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama Pemerintah Kota Balikpapan melakukan uji coba pengoperasian Bus Balikpapan City Trans. -Kemenhub-

BACA JUGA:Perusahaan-perusahaan Seoul Mengadakan ‘Hi-Seoul Roadshow in Jakarta’ untuk Menjelajahi Peluang Kolaborasi dari 9 -13 Juli 2024

Dengan adanya layanan feeder bus Balikpapan City Trans dapat memperkuat kota metropolitan Balikpapan. 

Pada tahap awal, bus ini akan beroperasi sebanyak 2 koridor dengan rute Pelabuhan Semayang – Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan yang berjarak 26,6 km dan yang kedua adalah rute Loop dari dan berakhir di Terminal Batu Ampar berjarak 20,6 km. Untuk sementara layanan ini bertarif 0 rupiah atau gratis," imbuh Suharto. 

Sebagai informasi, uji coba layanan menggunakan bus ukuran sedang berkapasitas 30 penumpang duduk dan berdiri.

BACA JUGA:Mutasi Pejabat Jelang Pilkada, Plt. Bupati Mimika Bisa Terancam Sanksi Pidana?

BACA JUGA:TVS Callisto 110 Punya Warna Baru, Lebih Segar, Harga Tetap Sama

Jumlahnya sebanyak 19 bus termasuk bus cadangan serta beroperasi selama 16 jam mulai dari jam 5 pagi hingga jam 9 malam. 

"Pada setiap bus dilengkapi dengan perangkat intelligent transport system (ITS) berupa global positioning system (GPS) untuk tracking system armada dan pengawasan operasional, CCTV untuk sistem pengawasan keselamatan dan keamanan serta perilaku pengemudi dan kondisi di dalam dan di luar bus, serta perangkat sistem pembayaran elektronik berupa peralatan TOB (Tap on Bus) dan QRIS," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: