WNA Pencari Suaka Ditertibkan di Setiabudi, Heru Budi: Dipindahkan ke Tempat Layak

WNA Pencari Suaka Ditertibkan di Setiabudi, Heru Budi: Dipindahkan ke Tempat Layak

Pj Gubernur Jakarta usai menghadari acara IMF di Grand Hyatt, Jakarta Pusat pada Selasa, 2 Juli 2024. -Candra Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan, pihaknya melakukan pemindahan para pengungsi warga negara asing (WNA) yang mendirikan tenda pengungsian di trotoar Jalan Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan ke tempat yang lebih layak.

Orang nomor satu di Jakarta saat ini menegaskan, penindakan yang dilakukan Pemerintah DKI bukan dengan cara  pembongkaran paksa.

BACA JUGA: UNHCR Tegur Pengungsi Pencari Suaka di Kuningan Agar Patuhi Aturan

BACA JUGA:12 Tahun Tinggal di Indonesia, Pengungsi Pencari Suaka WNA Hanya Minta Keadilan

"Saya luruskan, tidak dibongkar tapi mereka kita kembalikan ke tempat pengungsi yang layak," ujar Heru di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, pada Selasa, 2 Juli 2024.

Heru menejalskan, nantinya Pemda DKI akan berkomuniasi dengan pihak Kantor Komisariat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa Urusan Pengungsi United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) terkait pengungsian layak hingga kebutuhan sehari-hari pengungsi menunggu kejelasan tempat tinggal.

Kendati demikian, mantan Walikota Jakarta Utara itu berharap, agar para pengungsi tidak lagi tinggal di tenda-tenda pengungsian yang dibangun tanpa izin.

"Pemda DKI akan memerhatikan mereka mudah-mudahan tidak d jalan lagi, apa kebutuhan sehari-hari mereka saya rasa bisa komunikasi dengan UNHCR," tuturnya.

BACA JUGA:Minta Suaka ke UNHCR, Sejumlah Pengungsi WNA Dirikan Tenda di Jalan Setia Budi Jaksel

Heru menyampaikan, saat ini jajaran pemerintah kota Jakarta Selatan tengah menyusun laporan untuk nantinya ditindaklanjuti Pemprov DKI Jakarta dalam membantu para pengungsi WNA itu.

"Sudah walikota (Jaksel), nanti siang melapor ke saya apa yang perlu kita bantu," kata Heru.

Sebelumnya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah mengangkut belasan tenda milik WNA yang dipasang di depan Kantor (UNHCR), Kuningan, Jakarta Selatan, pada Selasa pagi. 

Sekitar 15 orang pencari suaka telah dibawa ke Rumah Detensi Imigrasi.

BACA JUGA:Petugas Bongkar Tenda Pengungsi, Camat Setiabudi Pastikan Keamanan Lingkungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: