Pria dengan Gangguan Sperma Azoospermia Non-Obstruktif Apakah Bisa Punya Anak? Ini Kata Peneliti

Pria dengan Gangguan Sperma Azoospermia Non-Obstruktif Apakah Bisa Punya Anak? Ini Kata Peneliti

Faktor utama ketidaksuburan pria sudah pasti tingkat kesuburan atau kualitas dan kuantitas sperma yang dimilikinya. -Thomas Bhreher-Pixabay-

Dengan begitu, proses pembuahan sel telur dapat dilakukan dan selanjutnya berkembang menjadi embrio dan ditransfer ke rahim pasangan perempuan.

"Jadi bisa (melakukan prosedur bayi tabung) walaupun belum terbentuk matang, seperti setengah matang atau tiga per empat matang," tandasnya.

Sedangkan apabila perkembangan sperma berhenti sejak awal, teknik bayi tabung tidak bisa dilakukan.

Sebagai informasi, terdapat protein yang sangat penting untuk perkembangan sperma, yakni CHD5 (Chromodomain Helicase DNA Binding Protein 5).

"Protein ini sangat penting untuk sel berkembang menjadi sperma yang matang. Jadi kita duga bahwa jika terjadi gangguan protein CHD5 pada sel yang belum matang, terjadi gangguan perkembangan sperma, bisa menjadi mandul," papar Paisal.

BACA JUGA:Hey Bro! Makan Buah-Buahan Ini Jika Ingin Spermamu Semakin Berkualitas

Bersama dengan itu, dalam disertasinya terungkap bahwa terdapat pengaruh epigenetik yang dapat menyebabkan seorang pria mengalami azoospermia non obstruktif.

Berbeda dengan kelainan genetik, pada epigenetik tidak terdapat perubahan susunan DNA.

Meski begitu, terjadi gangguan yang memengaruhi ekspresi atau perilaku sel yang salah satu faktornya karena lingkungan atau gaya hidup.

"Kalau mekanisme genetik itu sudah ada dari sananya (kelainan). Jadi gen-gen kita sudah kurang kodenya. Kalau epigenetik kita yang menentukan. Jadi perilaku hidup kita yang menentukan."

Sehingga, lanjut Paisal, gaya hidup bisa memengaruhi perkembangan sel sperma melalui mekanisme epigenetik.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat sebagai salah satu cara mencegah azoospermia non obstruktif.

BACA JUGA:Kualitas Sperma Pria Bisa Meningkat Jika Rajin Makan Toge? Ini Penjelasannya

"Yang memengaruhi epigenetik ini macam-macam, bisa obat-obatan, makanan tidak sehat, makanan berlemak, dan sebagainya," tuturnya.

Selain itu, kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga menjadi salah satu penyebab azoospermia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: