Cerita Penerima Beasiswa ADEM 2024 Bisa Bersekolah, 500 Orang Berasal dari Papua

Cerita Penerima Beasiswa ADEM 2024 Bisa Bersekolah, 500 Orang Berasal dari Papua

Penerima beasiswa ADEM 2024 (Afirmasi Pendidikan Menengah) --Kemendikbudristek

Penyambutan didahului dengan nonton film bersama dilanjutkan dengan gelar wicara dilaksanakan di CGV FX Sudirman, Jakarta, Jumat (12/7).

Staf Ahli Mendikbudristek (SAM) bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, menekankan bahwa Merdeka Belajar membuka peluang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengekspresikan kecerdasan dan kreativitasnya.

BACA JUGA:Pelindo Solusi Logistik dan ITB Berkolaborasi dalam Program Beasiswa Pelindo Juara

Melalui ADEM, para penerima dapat bersekolah di tempat baru dan menggali potensi, kecerdasan, dan kreativitas yang dimiliki.

“Dengan bersekolah di tempat baru, penerima ADEM 2024 dapat berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Dari interaksi itu, kalian dapat membangun relasi baru, mengasah kemampuan diri, dan menekuni bidang yang disukai,” ujar Tatang.

Tatang menilai, peserta didik Papua memiliki kemampuan kecerdasan yang beragam.

BACA JUGA:Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2024 Dibuka Mulai 1-14 Juli, Simak Jadwal dan Cara Daftarnya di Sini

Oleh karena itu, untuk membangun kenyamanan dan semangat belajar, ia mengajak kepada penerima ADEM 2024 agar aktif berinteraksi kepada guru dan orang tua pendamping.

Sehingga, dari proses pembelajaran yang dilakukan akan menemukan potensi dan cita-cita yang ingin diraih.

“Setelah menempuh pendidikan menengah selama 3 tahun, kami berharap penerima ADEM 2024 dapat melanjutkan ke beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik). Sehingga, kelak di masa mendatang kalian dapat membangun tempat asal kalian dengan kemampuan yang dimiliki,” pungkas Tatang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Adhika Ganendra, mengatakan bahwa pada tahun 2024 terdapat kurang lebih 1.200 peserta didik yang mengikuti ADEM 2024 dan 500 di antaranya berasal dari Papua.

BACA JUGA:Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2024 Dibuka Mulai 1-14 Juli, Simak Jadwal dan Cara Daftarnya di Sini

Pada kesempatan itu, Adhika berharap kepada seluruh penerima ADEM 2024 untuk dapat menyelesaikan program pendidikan hingga tuntas.

“Perlu semangat dan tekad tinggi untuk menyelesaikan program pendidikan ini. Untuk itu, perlu pola pikir yang kuat dengan menanamkan sikap bahwa saya mampu dan saya bisa menyelesaikan pendidikan ini hingga selesai,” tutur Adhika.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: