Kerja Nyata Pj. Gubernur Heru, LRT Jakarta akan Terintegrasi MRT Jakarta di Dukuh Atas

Kerja Nyata Pj. Gubernur Heru, LRT Jakarta akan Terintegrasi MRT Jakarta di Dukuh Atas

Layanan transportasi publik di Central Business District (CBD) akan bertambah dengan Light Rail Transit (LRT) Jakarta.--Pemprov DKI

Proyek LRT Jakarta Fase 1B Dipastikan Selesai 2026

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Iwan Takwin, optimistis proyek LRT Jakarta Fase 1B yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) akan selesai pada 2026 dan diharapkan dapat beroperasi pada 2027.

Ia mengatakan, selama pembangunan LRT Jakarta Fase 1B senilai Rp 5,5 triliun tersebut tidak menjumpai halangan dan dirinya menjamin tak bakal mengganggu kenyaman masyarakat.

Biaya pembangunan LRT Jakarta Fase 1B berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi DKI Jakarta.

"Kami harus mengutamakan kenyamanan masyarakat yang terdampak, so far semua progresif," tuturnya di Halte TransJakarta Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu 10 Juli 2024.

LRT Jakarta Fase 1B sepanjang 6,4 kilometer yang terdiri dari lima stasiun pemberhentian. Jika LRT Jakarta Fase 1B selesai dan beroperasi, total panjang rutenya mencapai 12,2 kilometer dari Kelapa Gading hingga Manggarai dengan estimasi waktu tempuh 26 menit.

Jumlah penumpang LRT Jakarta sejak 1 Januari hingga 31 Mei 2024 tercatat mencapai 465.416 penumpang dengan penumpang terbanyak berasal dari Stasiun Velodrome. Jam operasi line Stasiun Pegangsaan Dua ke Stasiun Velodrome dimulai pukul 05.30 WIB untuk kereta pertama dan pukul 22.20 WIB untuk kereta terakhir. Sementara jam operasi line Stasiun Velodrome ke Stasiun Pegangsaan Dua dimulai pukul 05.50 WIB untuk kereta pertama dan pukul 22.40 WIB untuk kereta terakhir.

Agar penumpangnya merasa nyaman dan aman, LRT Jakarta sudah dilengkapi nursery room, pos SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak), pos kesehatan, musala, loket charger, ATM, fasilitas lost and found, dan jembatan integrasi (sky bridge).

Stasiun LRT Jakarta juga dilengkapi dengan passenger information display yang berisi peta jalur dan status posisi kereta, area parkir sepeda di setiap stasiun yang dapat menampung 5-12 sepeda, area tunggu sepeda di peron stasiun, serta tempat khusus di dalam kereta.

Fasilitas penunjang lainnya antara lain ramp, elevator, guiding block, gate khusus disabilitas, dan toilet serta kursi disabilitas.

Selain itu, LRT Jakarta memiliki layanan call center bernama CARLA (Care Center Layanan Sahabat LRT Jakarta) yang melayani berbagai kanal untuk memberikan informasi dan menampung setiap keluhan, kritik, maupun saran dari Sahabat LRTJ.

Layanan informasi dan aduan CARLA meliputi call, media sosial (Instagram, X, dan Facebook), email, dan live chat yang siap melayani setiap hari pukul 06.00– 22.00. Khusus saat hari libur nasional, layanan CARLA tidak dioperasikan dan dialihkan melalui media sosial LRT Jakarta.

Daftar 11 Stasiun LRT Jakarta Kelapa Gading-Manggarai

LRT Jakarta Fase 1A

- Stasiun Pegangsaan Dua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: