Wacana Sekolah Swasta Gratis di Jakarta, Pengamat Pendidikan: Solusi Terhadap Keterbatasan Kursi di Sekolah Negeri

Wacana Sekolah Swasta Gratis di Jakarta, Pengamat Pendidikan: Solusi Terhadap Keterbatasan Kursi di Sekolah Negeri

Rencana Sekolah Swasta Gratis di Jakarta, Pengamat : Solusi Terhadap Keterbatasan Kursi di Sekolah Negeri-inaliem18/Instagram-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah mengkaji rencana mengimplementasikan program sekolah swasta gratis pada tahun 2025.

Wacana sekolah swasta gratis yang digagas Pemprov DKI Jakarta mendapat beragam tanggapan dari berbagai pihak.

Pengamat pendidikan, Ina Liem mengatakan bahwa rencana ini disambut baik sebagai upaya untuk mengatasi keterbatasan kursi di sekolah negeri.

BACA JUGA:Perkenalkan Sistem Belajar yang Efektif dan Fleksibel, Ini Dia Program EF EFEKTA

BACA JUGA:Kemdikbudristek Soal Pinjol Mahasiswa untuk UKT: Tidak Boleh Ada Bunga

"Tentunya kita sambut baik, dan ini solusi keterbatasan kursi di sekolah negeri," kata Ina Liem  saat dikonfirmasi, Selasa 23 Juli 2023.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Jakarta, Budi Awaluddin, menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang menyusun naskah akademik sebagai bagian dari studi kelayakan program tersebut.

"Kami masih dalam proses pengkajian untuk sekolah swasta gratis. Saat ini, kami sedang menyusun naskah akademiknya," ungkapnya.

Budi menambahkan bahwa implementasi program ini akan melibatkan diskusi lebih lanjut dengan anggota DPRD Jakarta, terutama terkait dengan anggaran dan mekanisme pelaksanaannya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Elva Farhi Qolbina, juga menunjukkan dukungannya terhadap program ini.

BACA JUGA:Cara Cek Pengumuman Seleksi Mandiri Unnes 2024 Gelombang 2, Hari ini 23 Juli Pukul 16.00 WIB

BACA JUGA:EF Adults Rebranding Menjadi EF EFEKTA English for Adults, Berikan Pembelajaran Lebih Efektif dan Fleksibel

Menurutnya, sekolah gratis dapat membantu memastikan bahwa tidak ada lagi anak yang putus sekolah di Jakarta karena masalah biaya pendidikan.

"Program ini diharapkan akan memberikan kesempatan yang sama kepada semua anak di Jakarta untuk menyelesaikan pendidikan mereka dari SD hingga SMA tanpa beban biaya," kata Elva.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: