Perkuat Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek Optimistis Produk Lokal Mendunia

Perkuat Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek Optimistis Produk Lokal Mendunia

Rangkaian kegiatan Vokasifest 2024-Dok. Kemendikbudristek -

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) terus berupaya memperkuat pendidian vokasi melalui Merdeka Belajar.

Melalui kebijakan ini, siswa didorong untuk menghasilkan produk-produk yang tidak hanya dimanfaatkan secara luas di dalam negeri, tetapi juga merambah hingga luar negeri.

BACA JUGA:Kapan Pengumuman Hasil SIMAK UI 2024 Jenjang S1 dan Vokasi? Catat Jadwalnya di Sini

BACA JUGA:VOKASIFEST Buktikan Kualitas Unggul Lulusan Pendidikan Vokasi Lewat Produk Kreatif

Menteri Dikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa satuan pendidikan vokasi baik di jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) maupun perguruan tinggi merupakan salah satu platform inovasi untuk mendukung dan mengembangkan produk-produk buatan Indonesia.

“Dengan menguatkan pendidikan vokasi, kita turut menumbuhkan rasa bangga atas produk buatan Indonesia,” ujar Nadiem pada Seremoni Harvesting Gernas BBI/BBWI X Vokasifest 2024 di Jakarta, Sabtu, 20 Juli 2024.

Dalam hal ini, pihaknya menghadirkan berbagai terobosan, salah satunya SMK Pusat Keunggulan.

Menurut Nadiem, saat ini program tersebut telah memberikan manfaat bagi lebih dari 1,7 juta peserta didik di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:Gernas BBI/BBWI X Vokasifest 2024 di Lapangan Banteng 20-21 Juli, Cek Rundown!

Pelajar SMK Pusat Keunggulan mendapatkan kesempatan yang lebih luas untuk melakukan praktik kerja lapangan (PKL) di berbagai perusahaan kelas dunia.

Selain itu juga melakukan pembelajaran yang lebih relevan dengan implementasi Kurikulum Merdeka.

Sedangkan pada jenjang pendidikan tinggi, mahasiswa vokasi juga mendapatkan kemerdekaan yang lebih luas untuk belajar di luar kampus melalui program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Sebagai ajang untuk memperkenalkan pendidikan vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek menggelar Vokasifest 2024.

BACA JUGA:Jurusan Vokasi Teknik Kimia Industri Punya Karier Cerah di Industri Cat, Cek Kurikulumnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: