Perkuat Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek Optimistis Produk Lokal Mendunia

Perkuat Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek Optimistis Produk Lokal Mendunia

Rangkaian kegiatan Vokasifest 2024-Dok. Kemendikbudristek -

Ajang tahunan tersebut pada kali ini menggandeng Pemprov DKI dan Bank Indonesia DKI Jakarta. 

 

Diselenggarakan di Lapangan Banteng, Jakarta, kegiatan ini sekaligus mempromosikan produk-produk lokal dan mengapresiasi kreativitas generasi muda Indonesia.

 

Di sini, pengunjung dapat menyaksikan pameran hasil karya siswa dan mahasiswa vokasi, workshop, talkshow, dan pentas seni, serta berbagai UMKM binaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta.

 

"Kami hadir di seluruh lini, bahwa pendidikan vokasi tidak hanya menyiapkan lulusan yang siap bekerja tetapi juga menjawab berbagai tantangan termasuk kewirausahaan,” kata Dirjen Kiki.

Kiki menilai pendidikan vokasi juga bisa menjadi mitra bagi para pelaku UMKM untuk menyelesaikan masalah nyata di dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Sebagai contoh, Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengapresiasi karya busana peserta didik dari 11 SMK di DKI Jakarta yang berhasil tampil di malam Seremoni Harvesting Gernas BBI/BBWI X Vokasifest 2024.

Menurut Heru, hasil kreativitas siswa SMK tersebut turut menguatkan posisi produk dalam negeri yang merupakan salah satu tujuan Gernas BBI/BBWI. 

Selain memamerkan karya, mereka juga mendapatkan pelatihan desain dari para profesional hingga berhasil merancang busana yang langsung masuk dalam E-Katalog dan bisa dipesan secara daring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: