Food Bank Dinilai Jadi Solusi Mengatasi Persoalan Sampah

Food Bank Dinilai Jadi Solusi Mengatasi Persoalan Sampah

INKOWAPI (Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia), Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, dan KADIN (Kamar Dagang dan Industri) saat menggelar Focus Group Discussion (FGD) --Candra Pratama

JAKARTA, DISWAY.ID - Penanganan sampah makanan masih belum tersolusi dengan baik di Indonesia.

Tercatat setiap tahunnya ada 19-29 ton sampah makanan terproduksi. 

Menanggapi hal tersebut, pemerintah disarankan melakukan food bank atau bank makanan.

BACA JUGA:Pernyataan Hakim Eman Sulaeman Pasca Kabulkan Praperadilan Pegi Setiawan: Ketidakadilan Itu Harus Ada di Keranjang Sampah

Selain nantinya tepat sasaran, solusi itu mampu menghadapi pemborosan makanan (food waste) dan kerawanan pangan (food insecurity) yang kini masih terjadi. 

Hal itu diungkapkan oleh INKOWAPI (Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia), Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, dan KADIN (Kamar Dagang dan Industri) saat menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Jakarta, pada Jumat, 26 Juli 2024.

"Tentunya melihat program makanan gratis yang digaungkan Presiden terpilih. Tentu ini menjawab solusi dari permasalahan yang ada," ujar Ketua INKOWAPI Ir. Sharmila di lokasi. 

Sharmila melihat, bahwa pembentukan food bank melalui Koperasi adalah solusi efektif.

Sebab, selain memiliki jaringan yang 

BACA JUGA:Tukang Sampah Gasak HP di Koja, Pelaku Diburu Warga Sampai ke TPSdan struktur terorganisir.

Lanjutnya, koperasi juga dapat mengumpulkan, menyimpan dan mendistribusikan surplus makanan secara efisien. 

Terlebih, kata Sharmila, food bank mampu menjaga stabilitas harga/inflasi dengan menyeimbangkan pasokan dan permintaan pangan, pengentasan kemiskinan dengan menyediakan akses pangan serta memberdayakan masyarakat melalui partisipasi dalam pengelolaan dan distribusi makanan. 

"Dengan demikian inisiatif Food Bank ini tidak hanya dapat mengatasi food waste, tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi di Indonesia," jelasanya. 

BACA JUGA:Sering Bersih Sampah di Sungai, Pandawara Group Divaksin Influenza

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: