Affective Skills Adalah? Referensi Jawaban Soal PMM untuk Guru

Affective Skills Adalah? Referensi Jawaban Soal PMM untuk Guru

Ilustrasi PMM (Platform Merdeka Mengajar)-Canva-

JAKARTA, DISWAY.ID - Simak pengertian affective skills pada PMM (Platform Merdeka Mengajar) yang perlu diketahui oleh Bapak/Ibu guru.

Dalam pembelajaran mandiri, guru biasanya lebih memposisikan dirinya sebagai moderator dan fasilitator dalam proses pembelajaran yang bisa membangun aspek kemampuan siswa, yakni affective skills.

Lantas, apa pengertian dari affective skills?

BACA JUGA:Contoh Jawaban PMM 2024: Manakah dari Nilai-Nilai Guru Penggerak yang Dikuatkan setelah Bapak/Ibu Memahami Teori Pilihan dan Motivasi Intrinsik?

Dalam PMM (Platform Merdeka Mengajar), affective skills adalah suatu kemampuan yang berkaitan dengan aspek emosional, sikap serta nilai-nilai yang mempengaruhi pembelajaran dan interaksi sosial pada siswa.

Keterampilan ini juga melibatkan pengembangan empati, emosi, motivasi serta sikap positif yang mendukung proses belajar mengajar.

Selanjutnya, ada sejumlah aspek dari affective skills (keterampilan afektif) tersebut, meliputi:

  • Pengelolaan diri - Kemampuan dalam mengatur emosi serta perilaku dalam berbagai situasi kondisi
  • Kesadaran Diri - Kemampuan dalam mengenali serta memahami perasaan, nilai dan sikap diri sendiri

BACA JUGA:Apa Inspirasi Baru yang Anda Dapatkan dari Upaya Tindak Lanjut untuk Kepala Sekolah? Contoh Jawaban Soal PMM 2024 untuk Referensi

  • Keterampilan Relasi - Kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat serta positif dengan orang lain
  • Kesadaran Sosial - Kemampuan untuk memahami dan menghargai perasaan dan perspektif orang lain
  • Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab - Kemampuan untuk membuat pilihan yang etis serta konstruktif mengenai perilaku pribadi dan interaksi sosial

Dengan adanya peran guru sebagai fasilitator dan moderator, siswa juga didukung untuk mengembangkan keterampilan afektif melalui pengalaman belajar yang lebih reflektif dan lebih aktif.

Di samping itu, guru juga mendukung siswa dalam mengenali dan mengelola emosi mereka, bekerja sama dengan teman-teman serta membuat keputusan yang bertanggung jawab.

BACA JUGA:Jawaban Soal PMM 2024: Berdasarkan Inspirasi yang Anda Dapatkan, Apa Perubahan Praktik Anda di Ruang Kelas/Satuan Pendidikan yang Telah Anda Lakukan?

Sehingga, siswa bisa tumbuh menjadi individu yang mempunyai keseimbangan antara kecerdasan akademis dan emosional.

Sementara itu, keterampilan afektif (affective skills) ini cukup penting kehadirannya untuk membentuk karakter siswa  yang tak hanya secara akademis, namun juga mempunyai kecerdasan emosional serta sosial yang tinggi.

Maka dari itu, PMM mendukung adanya pengembangan keterampilan ini melalui berbagai macam metode pembelajaran yang interaktif dan reflektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: