Luar Biasa, Pertamina Patra Niaga Sukses Kirim Produk Chemical untuk Proyek Strategis Nasional Alumina Refinery

Luar Biasa, Pertamina Patra Niaga Sukses Kirim Produk Chemical untuk Proyek Strategis Nasional Alumina Refinery

Pertamina Patra Niaga Sukses Ubah Bauksit menjadi Alumina untuk Proyek Strategis Nasional Alumina Refinery -Dok. Pertamina Patra Niaga-

JAKARTA, DISWAY.ID - PT Pertamina Patra Niaga turut berperan aktif mendukung pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di PT Borneo Alumina Indonesia.

Proyek tersebut merupakan bagian dari upaya Indonesia untuk mengolah bauksit menjadi alumina secara domestik.

BACA JUGA:Mantap! Lewat Anak Usaha Pertamina Patra Niaga, Indonesia Pasok Energi ke Timor Leste

BACA JUGA:Energi Hijau Nongol di GIIAS 2024, Mejeng di Booth Pertamina Patra Niaga

Selain itu, pengiriman itu mengurangi ketergantungan pada ekspor bahan mentah, dan meningkatkan nilai tambah sumber daya mineral negara.

Direktur Pemasaran Pusat & Niaga Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya menyampaikan komitmen Pertamina dalam proyek strategis tersebut.

“Kami sangat mendukung upaya pemerintah meningkatkan nilai tambah produk bauksit menjadi produk alumina dengan memasok produk–produk pendukung baik chemical, BBM, ataupun lubricants, kami berkomitmen dapat menjadi partner strategis yang memberikan solusi terbaik bagi konsumen salah satunya dengan Program Pertamina One Solution (POS) yang mempermudah konsumen memenuhi kebutuhan produk BBM, lubricant, dan petrochemical secara terintegrasi dengan jaminan pasokan produk yang  berkualitas dan reliabel bagi konsumen,” jelas Maya Kusmaya dalam keterangannya, Senin 5 Agustus 2024. 

PT Borneo Alumina Indonesia adalah perusahaan patungan antara PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM).

Perusahaan yang berlokasi di Kalimantan Barat ini didirikan untuk mengembangkan dan mengoperasikan proyek pabrik pemurnian bauksit (alumina smelter grade) menjadi alumina dengan kapasitas produksi 1 juta ton alumina per tahun. Pabrik pemurnian alumina ini bertujuan untuk mengolah bauksit menjadi alumina tingkat peleburan (smelter-grade alumina/SGA).

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Sambut Era Energi Bersih di GIIAS 2024

BACA JUGA:Keren, Pertamina Patra Niaga Bawa Transisi Energi 'Hijau’ di GIIAS 2024

Diharapkan proyek ini dapat mendukung inisiatif pemerintah dalam meningkatkan industri hilir dan meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global.

“Produk chemical kami yaitu Caustic Soda akan kami salurkan sebanyak 138.000 MT selama tahun 2024, volume penyaluran tersebut kami prediksi akan terus meningkat seiring dengan peningkatan kebutuhan produksi alumnia,” ungkap Maya Kusmaya

Lebih lanjut, Maya Kusmaya mengungkapkan bahwa Pertamina Patra Niaga berkomitmen mengembangkan komoditas baru bagi portofolio produk Petrochemical dan Chemical Business di PT Pertamina Patra Niaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: