Pengakuan Peserta BPJS Kesehatan, Program JKN Telah Membantu Ibunya Melawan TBC

Pengakuan Peserta BPJS Kesehatan, Program JKN Telah Membantu Ibunya Melawan TBC

Pengakuan Peserta BPJS Kesehatan, Program JKN Telah Membantu Ibunya Melawan TBC-jamkesnews-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan terbukti memberikan banyak manfaat bagi pesertanya, salah satunya adalah Novi Yuliani (42) seorang ibu rumah tangga yang berasal dari Desa Merarai Satu mengaku bahwa dirinya telah bergabung sejak Tahun 2020 silam. 

Novi bercerita pada Kamis 1 Agustus 2024 lalu tentang bagaimana Program JKN telah membantu pengobatan rutin ibunya selama beberapa tahun terakhir dalam melawan penyakit Tuberkulosis (TBC), ibunya kerap kali mengalami sesak di dada yang tak kunjung sembuh dan memutuskan untuk membawa sang ibu mendapatkan perawatan yang lebih intensif di Rumah Sakit Ade M. Djoen, Sintang.

BACA JUGA:Tidak Ada Diskriminasi Pelayanan, Dirut BPJS Kesehatan Pastikan Mutu Layanan RS Lavalette

BACA JUGA:Cek Besaran Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1,2,3 per Agustus 2024

Novi menjelaskan bahwa dirinya tidak pernah menyangka yang awalnya ibunya hanya sesak biasa, lalu pada saat dilakukan pengecekan ke rumah sakit tenyata sesak tersebut adalah gejala dari penyakit TBC. 

Maka dari itu, Novi sangat bersyukur dengan adanya Program JKN yang telah ia miliki sebelum ibunya sakit membuat dirinya tenang tanpa harus khawatir memikirkan biaya pengobatan ibunya. 

Menurutnya, biaya pengobatan yang dikeluarkannya jika tidak terdaftar sebagai Program JKN sangatlah besar dan karenanya Novi bersyukur keseluruhannya dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan.

“Pada saat proses pengobatan ibu saya di rumah sakit langsung ditangani oleh dokter dengan sigap, saya dan keluarga juga menyampaikan proses pendaftaran di rumah sakit sangat mudah,” ungkap Novi.

BACA JUGA:Pengakuan Pemilik Klinik, 10 Tahun Jadi Mitra BPJS Kesehatan, Konsisten Berikan Layanan Terbaik

BACA JUGA:Kisah Muhammad Yasin, Tujuh Tahun Mengobati Sakit Jantung bersama BPJS Kesehatan

“Dokter yang bertugas sangat profesional, memberikan penjelasan secara rinci mengenai kondisi ibu saya serta langkah-langkah pengobatan yang harus dijalani,” tambahnya. 

“Setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit saya selanjutnya membawa ibu saya untuk melakukan pemerikasaan rutin dan konsultasi dengan dokter. Obat yang ibu saya terima juga lengkap dan tidak ada yang dikurangi, yang paling penting tidak dikenakan biaya tambahan untuk mendapatkan resep obatnya,” jelasnya.

Novi mengatakan bahwa meskipun dirinya harus menunggu sedikit lama saat proses mendaftarkan ibunya di fasilitas kesehatan karenaa padatnya antrean pasien, ia memakluminya karena itu berarti Program JKN ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. 

BACA JUGA:Melahirkan Gratis Ditanggung BPJS Kesehatan, Cek Syarat dan Ketentuannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: