Darurat Cacar Monyet, Kemenkes Siapkan 12 Laboratorium Rujukan Cek Virus Mpox

Darurat Cacar Monyet, Kemenkes Siapkan 12 Laboratorium Rujukan Cek Virus Mpox

Virus Monkeypox Jadi Ancaman Dunia, WHO Sebut Cacar Monyet Berstatus 'Darurat Kesehatan Global'---Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Mpox atau cacar monyet sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) untuk yang kedua kalinya.

Hal ini mengingat kenaikan kasus Mpox di sejumlah wilayah di Afrika yang disebabkan oleh strain baru clade 1b.

Terkait hal ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan sejumlah langkah untuk mencegah penyebaran Mpox di Indonesia.

BACA JUGA:Kena Cacar Air, Gregoria Mariska Tunjung Batal Tampil di Japan Open dan Korea Open

"Kita yang pertama melakukan penguatan surveilans. Kita melakukan upaya untuk melakukan penyelidikan epidemiologi," ujar Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Yudhi Pramono pada temu media daring, Minggu, 18 Agustus 2024.

Dalam hal ini, pihaknya juga melibatkan komunitas dan mitra HIV-AIDS dan menyiapkan laboratorium rujukan untuk Mpox secara nasional.

BACA JUGA:WHO Tetapkan Cacar Monyet sebagai Darurat Kesehatan, Ini Langkah Kemenkes

"Kita ada 12 laboratorium dari Sumatra sampai Papua untuk rujukan lebih lanjut, memastikan variannya apa, subvariannya apa," tuturnya.

Kemudian, Kemenkes juga memberikan notifikasi ke WHO untuk melaporkan kejadian terkait Mpox yang terjadi di Indonesia.

"Untuk obat-obatan, kita juga sudah menyiapkan, mulai dari antivirus, kemudian untuk terapi lainnya sesuai dengan simtomatis."

BACA JUGA:Kasus Cacar Monyet di Dunia Jadi Alarm, Muncul Strain Baru yang Lebih Ganas

Sementara untuk perawatannya, akan dilakukan sesuai dengan derajat keparahan. "Kalau ringan cukup isolasi, mandi di rumah. Kemudian pengawasan oleh puskesmas setempat, dan apabila ada komplikasi lainnya atau penyerta lainnya komorbid, itu kita bisa evaluasi apakah perlu dirawat di rumah sakit."

Yudhi menjelaskan, saat ini sudah ada vaksinasi Mpox untuk mencegah keparahan akibat penyakit ini.

BACA JUGA:Gawat! Virus Penyebab Cacar Air yang Dapat Berkembang Jadi Herpes Zoster Ada di Tubuh 90 Persen Orang, Waspada Jika Memiliki Komorbid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: