Kolaborasi Anak Usaha Telkom, INS dan CHT INFINITY Berhasil Dirikan Smart Pole Pertama di IKN

Kolaborasi Anak Usaha Telkom, INS dan CHT INFINITY Berhasil Dirikan Smart Pole Pertama di IKN

Tim lapangan representatif PINS dan CHT INFINITY mengawal dan memantau pemasangan Smart Pole di Sumbu Barat Istana Presiden, Jumat 16 Agustus 2024-Dok. Telkom Indonesia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam upaya strategis untuk mempercepat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya, PT PINS Indonesia (PINS) bersama PT CHT INFINITY Indonesia (CHT INFINITY) telah selesai mendirikan tiang cerdas (Smart Pole) pertama di IKN.

Kolaborasi PINS dan CHT INFINITY berupa tiang pintar yang dapat disematkan berbagai fitur seperti lampu PJU pintar, video surveillance, weather monitor, mobile network 4G/5G, wifi hotspot, digital signage, hingga EV charging station akan diimplementasikan di IKN.

BACA JUGA:Telkom-Neutra DC Gelar Konferensi Internasional Tentang Peluang dan Tantangan AI di Bali

BACA JUGA:Telkom Buktikan Keandalan Infrastruktur Digital Selama Penyelenggaraan Upacara HUT ke-79 RI di IKN Berlangsung

Proses instalasi Smart Pole berjalan sesuai rencana dengan suksesnya pendirian tiang cerdas pertama yang ditargetkan selesai sebelum Upacara HUT ke-79 RI yang diselenggarakan perdana di IKN.

Inisiatif ini tidak hanya dilakukan dalam rangka perayaan HUT ke-79 RI, tetapi juga menandai awal dari perjalanan besar menuju masa depan yang cerah bagi pengembangan Smart City di IKN.

Tim lapangan representatif PINS dan CHT INFINITY hadir secara langsung untuk mengawal dan memantau pemasangan Smart Pole di Sumbu Barat Istana Presiden, Jumat Agustus 2024 lalu.

Smart Pole yang telah ter-install dan aktif di Sumbu Barat Istana Presiden ini berfungsi sebagai Proof of Concept (PoC) untuk pembangunan Smart City di IKN.

Meskipun desain tiang terlihat minimalis, teknologi yang diusung oleh tiang ini merupakan teknologi mutakhir yang mampu menyajikan berbagai fitur-fitur canggih dengan teknologi Artificial Intelligence of Things (AIoT), sebuah infrastruktur yang menggabungkan teknologi Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan.

BACA JUGA:Tekan Jejak Karbon bagi Industri Supply Chain, Telkom Inkubasi Startup Automa

Dengan teknologi ini, Smart Pole tidak hanya berfungsi sebagai penerangan jalanan yang efisien, namun juga berperan dalam meningkatkan keamanan lingkungan dan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

Dalam kesempatannya, CEO PINS Roberto Surya Negara menyampaikan rasa bangga dan bersemangat dengan kerja sama strategis ini dengan CHT Infinity terutama untuk Smart Pole di IKN.

“Kerja sama ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami untuk mendukung visi Indonesia menuju era digital dan keberlanjutan. Dengan adanya Smart Pole, kami berharap dapat menciptakan lingkungan perkotaan yang lebih cerdas, aman, dan ramah lingkungan," paparnya.

"Teknologi ini tidak hanya berfungsi sebagai lampu jalan yang efisien, tetapi juga sebagai pusat data dan komunikasi yang dapat memberikan informasi real-time, mendukung keamanan, dan memberikan layanan publik yang lebih baik bagi masyarakat di IKN,” sambung Roberto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: