Ketua Umum KONI Pusat Pastikan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Dibuka dan Ditutup Presiden Jokowi

Ketua Umum KONI Pusat Pastikan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Dibuka dan Ditutup Presiden Jokowi

Ketum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman memastikan Presiden akan membuka sekaligus menutup PON XXI Aceh-Sumut 2024 -Dok. KONI Pusat-

JAKARTA, DISWAY.ID – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 9 September 2024 bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-41. 

Presiden dijadwalkan membuka pesta olah raga terbesar tanah air yang baru pertama kali digelar di dua provinsi tersebut di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh, dengan pesan kunci semangat olahraga dan persatuan bangsa.

BACA JUGA:PLN Dukung Timnas Voli Putri Indonesia Berlaga di Kompetisi 4th SEA V League

BACA JUGA:5 Kowad Cantik Bikin Meleleh, Jago Nembak Hingga Olah Raga Ekstrim

Demikian dikatakan Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Senin 26 Agustus di Jakarta. 

“Presiden Jokowi tidak hanya membuka acara, tetapi juga sekaligus akan menutup PON XXI di Stadion Utama Sumatera Utara di Deli Serdang, Sumatera Utara,” ujar Marciano.

Selain Presiden, Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, juga dijadwalkan hadir dalam upacara penutupan.

"Pembukaan semula direncanakan pada 8 September, tetapi sesuai arahan Presiden, pelaksanaan diubah menjadi 9 September di Stadion Harapan Bangsa," ujar Marciano seraya menambahkan bahwa stadion tersebut telah siap digunakan untuk mendukung jalannya acara.

Sementara terkait persiapan venue pertandingan, Marciano juga menegaskan saat ini sudah hampir rampung secara keseluruhan.

"Saat ini, rata-rata venue sudah rampung, dan pembangunan yang masih berlangsung sudah mencapai lebih dari 90%. Kami optimis semua venue akan selesai tepat waktu," kata Marciano.

BACA JUGA:Pound Fit! Olah Raga dengan Stik Drum Kian Digemari Sejak Masuk Purwokerto 2021

KONI Pusat melalui Panitia Pengawasan dan Pengarahan (Panwasrah) memiliki beberapa tugas utama, termasuk penyusunan cabang olahraga, nomor pertandingan, dan kuota atlet. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab atas peralatan pertandingan di venue, pelaksanaan pembangunan dan renovasi venue, penyusunan Technical Handbook (THB), serta pendaftaran peserta PON XXI.

Sementara Dewan Hakim yang akan dipimpin oleh Dr. Widodo Sigit Pudjianto bertugas memastikan keadilan, kepastian hukum, dan manfaat dalam penyelenggaraan pertandingan. 

"Dewan Hakim harus bekerja cepat untuk menyelesaikan perselisihan agar pertandingan dapat terus berlangsung tanpa hambatan," ujar Dr. Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: