Tingkatkan Layanan Perkeretaapian, KAI Gandeng Perusahaan Asal Tiongkok

Tingkatkan Layanan Perkeretaapian, KAI Gandeng Perusahaan Asal Tiongkok

Tingkatkan Layanan Perkeretaapian, KAI Gandeng Perusahaan Asal Tiongkok-Disway/Sabrina Hutajulu-

JAKARTA, DISWAY.ID-- PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Industri Kereta Api (Persero) dan CRRC Qingdao Sifang menyelenggarakan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU tentang Pendalaman Kerjasama Dalam Sarana Perkeretaapian di Indonesia.

MoU ditandatangani Direktur Perencanaan Strategis dan Pengelolaan Sarana KAI John Robertho, Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Roppiq Lutzfi Azhar dan Presiden CRRC Qingdao Sifang Ma Lijun di Qingdao, China 29 Agustus 2024.

BACA JUGA:Seorang WNA Terancam Dibui Akibat Vandalisme Prasarana Perkeretaapian, KAI Commuter: Akan Diselesaikan ke Ranah Hukum

BACA JUGA:Gobel Group Gandeng KAI Logistik Alihkan Transportasi Barang dari Truk ke Kereta Api, Dukung Panuh Green Logistic di Indonesia

Wakil Menteri BUMN RI Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak dari Tiongkok, khususnya CRRC Qingdao Sifang, atas dukungan dan kerja sama yang sangat baik dalam mendukung pengembangan industri perkeretaapian di Indonesia.

Kartika mengatakan kerja sama yang telah terjalin antara industri perkeretaapian Indonesia dengan CRRC Qingdao Sifang telah mencakup berbagai aspek, mulai dari pengadaan untuk KAI berupa KRL dan KCIC serta kereta cepat hingga perawatan dan pemeliharaan kereta api. 

"Selain itu, CRRC Qingdao Sifang juga telah berkontribusi dalam mendukung transportasi di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui pengadaan Autonomous Rail Transit (ART)," kata Kartika.

BACA JUGA:Kereta Otonom IKN Bisa Angkut 300 Penumpang Siap Digunakan HUT ke-79 RI

BACA JUGA:Tiket Promo Kereta Diserbu Calon Penumpang, KAI Ungkap Sisa Tiket Bayar Cuma 79 Persen

Sementara itu, Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan selaras dengan peningkatan jumlah pelanggan kereta, kebutuhan pengadaan sarananyapun juga akan semakin meningkat. 

Volume penumpang kereta api pada triwulan I 2024 kaya Anne yaitu sebanyak 11.379.196 penumpang. 

Terdiri dari 9.778.231 penumpang KA jarak jauh dan 1.600.965 penumpang KA lokal. 

"Angka tersebut meningkat 11% dibanding triwulan I 2023 sebanyak 10.252.247 penumpang,” ungkap Anne. 

Anne menambahkan seiring dengan komitmen KAI untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan melalui berbagai inovasi secara konsisten. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: