Gobel Group Gandeng KAI Logistik Alihkan Transportasi Barang dari Truk ke Kereta Api, Dukung Panuh Green Logistic di Indonesia

Gobel Group Gandeng KAI Logistik Alihkan Transportasi Barang dari Truk ke Kereta Api, Dukung Panuh Green Logistic di Indonesia

PT Panasonic Gobel Indonesia melakukan pengalihan moda transportasi pengiriman barang yang dikelola oleh PT Gotrans Logistics International dari truk ke kereta api, bekerja sama oleh KAI Logistik pada rute Jakarta-Surabaya. -Gobel Group-

JAKARTA, DISWAY.ID - Gobel Group dan anak perusahaannya PT Panasonic Gobel Indonesia dan PT Gotrans Logistics International tandatangani MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman resmikan kerjasama multipihak di Indonesia yang dukung green logistic nasional dengan KAI Logistik.

Seiring dengan kemitraan multipihak ini, PT Panasonic Gobel Indonesia melakukan pengalihan moda transportasi pengiriman barang yang dikelola oleh PT Gotrans Logistics International dari truk ke kereta api, bekerja sama oleh KAI Logistik pada rute Jakarta-Surabaya. 

Pengalihan moda tersebut berpotensi mengurangi emisi karbon. Kemitraan multipihak ini turut berkontribusi dalam akselerasi implementasi ekonomi hijau guna dukung Visi Indonesia Emas 2045. Langkah ini juga sejalan dengan target jangka panjang Panasonic Global untuk mencapai pengurangan 300 juta ton emisi CO2 hingga tahun 2050 

Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Fredi Firmansyah selaku Direktur Utama KAI Logistik, Hiramsyah S. Thaib selaku  President Director and Group CEO Gobel Group, Heru Santoso selaku Vice President Director PT Panasonic Gobel Indonesia dan Arif Gobel selaku Direktur PT Gotrans Logistics International di Terminal Barang Sungai Lagoa, Tanjung Priok Jakarta, Senin 19 Agustus.

BACA JUGA:Terancam Dihukum! Para Atlet Korea Utara Ikuti Pemeriksaan Ideologis Gegara Selfie Bareng Atlet Korea Selatan di Olimpiade Paris 2024

BACA JUGA:Kebijakan Transfer Chelsea Membuat Maresca Mendobrak Tradisi Inti The Blues

Fredi Firmansyah selaku Direktur Utama KAI Logistik mengatakan bahwa moda kereta Api (KA) dalam industri logistik memainkan peranan yang sangat besar dalam rangka mewujudkan green logistic. 

Pada satu rangkaian Kereta Api Container mampu mengangkut 30 gerbong datar atau setara dengan 60 truk berkapasitas 20 ton. 

Sehingga dengan pengalihan moda jalan ke kereta api, mampu menjadi wujud nyata dalam mengurangi emisi karbon dan menjadi solusi transportasi yang lebih ramah lingkungan. 

“Selain berkontribusi pada aspek keberlanjutan lingkungan, moda KA juga meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan serta berkontribusi pada pemeliharaan/lifetime infrastruktur jalan yang lebih optimal dengan menekan potensi beban jalan yang berlebih,” tambahnya.

BACA JUGA:Dugaan Korupsi PT ASDP Bukan Hanya Soal Pembelian Kapal Bekas, KPK: Kerugian Negara Capai Triliunan Rupiah

BACA JUGA:Katalog Promo JSM Alfamart 23-25 Agustus 2024, Belanja Hemat Minyak Goreng hingga Beras Mulai Rp34 Ribuan

Sedangkan Hiramsyah S. Thaib selaku President Director and Group CEO Gobel Group, mengatakan jika kemitraan multipihak yang mendukung green logistic di Indonesia ini menjadi wujud aspirasi kami untuk menyediakan ukuran seberapa baik dalam memenuhi kewajiban kami terhadap konsumen, melalui berbagai produk dan layanan. 

“Kami mengapresiasi seluruh pihak yang telah terlibat dan optimis kemitraan multipihak ini akan menjadi momentum dalam mendorong kontribusi aktif sektor swasta, yang selaras dengan cita-cita kami yaitu nyata berinovasi untuk kehidupan yang berkualitas,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: