Detik-Detik Pesawat Trigana Air Tergelincir di Papua, Keluar Landasan Hingga 1200 Meter

Detik-Detik Pesawat Trigana Air Tergelincir di Papua, Keluar Landasan Hingga 1200 Meter

Pesawat Trigana Air PK YSP ATR 42-500 tergelincir di Bandara Udara Stefanus Rumbewas-Kamanap, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Senin, 9 September 2024 pagi --Polda Papua

JAKARTA, DISWAY.ID - Pesawat Trigana Air PK YSP ATR 42-500 tergelincir di Bandara Udara Stefanus Rumbewas-Kamanap, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Senin, 9 September 2024 pagi.

Kapolres Kepulauan Yapen, Kompol Ardyan Ukie Hercahyo menjelaskan bahwa pesawat yang mengangkut 42 Orang penumpang dan 6 Orang Crew tergelincir keluar landasan kurang lebih sejauh 1200 meter. 

Beruntung, seluruh penumpang dan kru berhasil selamat. 

BACA JUGA:Pesawat Trigana Air PK-YSP Alami Gagal Lepas Landas di Bandara Serui Papua, Kemenhub Angkat Bicara

"Alhamdulillah, semua dalam keadaan selamat dan sudah dilarikan ke RS Serui untuk pemeriksaan kesehatan," ujar Ardyan, Senin.

Peristiwa ini terjadi saat pesawat hendak melakukan take-off menuju Jayapura. 

BACA JUGA:Terkuak, Penyebab Terjadinya Penusukan Sesama Sekuriti hingga Tewas di Pamulang: Dipicu Soal Aturan Parkir?

Ia menyebut dugaan awal menyebut adanya kendala teknis yang menyebabkan pesawat keluar dari jalur landasan. Namun, penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan ini. 

"Kami sedang mendalami peristiwa ini dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang," tambah Kompol Ardyan.

BACA JUGA:Trigana Air Kembali Terbang ke Oksibil, Pasca Penembakan oleh TPNPB

Selain itu, pihak kepolisian juga telah menghubungi otoritas penerbangan dan teknisi untuk memeriksa kondisi pesawat dan landasan.

Investigasi menyeluruh diharapkan dapat mengungkap penyebab tergelincirnya pesawat dan memastikan langkah-langkah perbaikan di masa depan.

Insiden ini menjadi pengingat pentingnya keselamatan penerbangan, terutama dalam situasi take-off dan landing, yang merupakan fase paling krusial dalam penerbangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: