Valentino Rossi dan Mick Schumacher Raih Podium di 6 Hours of Fuji

Valentino Rossi dan Mick Schumacher Raih Podium di 6 Hours of Fuji

Valentino Rossi (paling kiri) dan Mick Schumacher ketika merayakan kemenangan di podium 6 Hours of Fuji.-Dewo Pratomo-Dewo Pratomo

FUJI, DISWAY.ID - Podium superpopuler terjadi di ajang 6 Hours of Fuji, di Fuji Speedway, Jepang, Minggu, 15 September 2024. Putra legenda Michael Schumacher, Mick, berhasil meraih podium perdananya di ajang World Endurance Championship (WEC). Ia finis ketiga dengan membesut mobil Alpine di kelas Hypercar. Sedangkan di kelas LMGT3, Valentino Rossi juga sukses naik podium bersama BMW Team WRT.

Hasil kedua nama besar itu seolah menenggelamkan para juara saat podium ceremony lomba. Sorakan dan tepukan tangan lebih meriah lebih tertuju kepada mereka daripada para juara.

Di kategori tertinggi Hypercar, Porsche Penske Motorsport berpesta. Trio mobil No. 6, Andre Lotterer, Kevin Estre, dan Laurens Vanthoor meraih juara pertama. Mereka mengalahkan BMW M Team WRT No. 15 yang dibesut trio Dries Vanthoor, Raffaele Marciello, dan Marco Wittmann.


Trio pembalap Porsche Penske Motorsport mobil No. 6, Andre Lotterer, Kevin Estre, dan Laurens Vanthoor meraih juara pertama WEC 6 Hours of Fuji kategori Hypercar.-Dewo Pratomo-

Mick Schumacher, yang bertugas mengemudi terakhir, berbagi mobil No. 36-nya dengan Nicolas Lapierre dan Matthieu Vaxiviere. Mick meraihnya secara dramatis, meraih posisi podium itu setelah menyalip sengit mobil Hertz Team Jota No. 12 hanya tujuh menit sebelum finis!


Mick Schumacher yang bertugas mengemudi terakhir Alpine di kelas Hypercar meraih podium bersama Nicolas Lapierre dan Matthieu Vaxiviere. -Dewo Pratomo

Hasil ini --berikut cara dia meraihnya-- tentu membuat nama Mick Schumacher kembali melonjak di arena balap dunia. Baru-baru ini dia termasuk sangat kecewa karena kembali dilewatkan oleh sejumlah tim Formula 1untuk kursi balap 2025.

Ini bukan hanya podium pertamanya di WEC. Ini juga podium pertama Mick sejak 2020, saat dia menjadi juara Formula 2!

BACA JUGA:WEC Fuji: Pole Position Perdana Cadillac, Tantangan Berat Sean Gelael

"Ini (balapan) yang baik. Kami benar-benar harus berjuang untuk mendapatkan (podium) ini. Tim telah membuat keputusan-keputusan baik dala hal strategi dan kami menunjukkan potensi tim", ujar pembalap 25 tahun itu. "Rasanya seperti waktu dulu saat masih balapan go kart. Saya benar-benar menikmatinya. Sudah begitu lama saya tidak naik podium", imbuhnya.

Unggulan tuan rumah, Toyota Gazoo Racing, gagal meraih hasil baik. Begitu pula pole sitter Cadillac yang harus out dari lomba hanya 30 menit sebelum finish karena kecelakaan.

Di kelas LMGT3, mobil BMW Team WRT No. 46 juga harus berjuang sampai akhir untuk meraih podium ketiga. Rossi, kini 45 tahun, berbagi mobil tersebut dengan Ahmad Al Harthy dan Maxime Martin.


Di kelas LMGT3, mobil BMW Team WRT No. 46 meraih podium ketiga. Rossi berbagi mobil tersebut dengan Ahmad Al Harthy dan Maxime Martin.-Dewo Pratomo-

Rossi mendapat tugas mengemudikan mobil di bagian tengah lomba. Sedangkan Martin menjadi pembalap terakhir yang mengamankan posisi podium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: