Pemakan Anjing

Pemakan Anjing

Ekspresi anjing yang viral di medsos ketika melihat debat Donald Trump vs Kamala Harris.--

Kucing dan anjing bisa diperlakukan lebih istimewa daripada manusia. Maka ketika ada yang mengatakan ''mereka makan anjing'' orang marah luar biasa pada mereka.

Apalagi yang mengatakan itu tokoh sekelas Presiden Donald Trump. Didukung pula oleh calon wakil presidennya, JD Vance.

Yang dimaksud ''mereka'' adalah pendatang dari Haiti yang tinggal di kota Springfield, Ohio. Kota ini berdekatan dengan kampung halaman Vance.

''Mereka'' itu kulit hitam.

Maka penduduk Springfield yang mayoritas kulit putih, marah kepada para pendatang itu.

Isu ''orang Haiti makan binatang piaraan'' itu memang beredar luas. Di medsos. Bahkan ikut diviralkan oleh tokoh sekelas Elon Musk.

Isu itu menjadi top secara nasional ketika Trump ikut mengatakannya. Yakni saat Trump berdebat dengan lawannya, Kamala Harris.

Sejak itu orang-orang Haiti di Springfield ketakutan. Sampai ada yang melarang anaknya masuk sekolah.

Ada yang tidak berani meninggalkan rumah.

Ada yang mobilnya dirusak di malam hari.

Ada pula ancaman bom. Dan penembakan.

Isu kucing dan anjing laku untuk menjatuhkan lawan politik di Amerika. Kucing dan anjing sangat mulia di sana.

"Di sini tidak jarang tuan rumah minta tamunya mencium anjingnya sebelum pulang," ujar sahabat Disway di sana, John Mohn.

Iklan-iklan makanan kucing-anjing pun membuat promosi khusus: betapa tinggi kualitas makanan kucing-anjing yang mereka jual. Lebih mahal dari makanan manusia.

Dengan memakan binatang piaraan, itu secara budaya di sana, dianggap sama dengan tega makan manusia.

Dan yang melakukan itu pendatang dari Haiti. Orang kulit hitam. Anda pun tahu ke mana arahnya: Kamala Harris. Dia kulit hitam dari ayahnyi.

Pendatang dari Haiti sebenarnya belum lama tinggal di Springfield. Kebanyakan baru sekitar delapan tahun. Tepatnya sejak 2018.

Mereka datang ke Springfield justru karena ''diundang''. Pemda setempat membuat semacam promosi ''silakan imigran datang ke Springfield''.

Promosi itu terdengar sampai Haiti sana. Kebetulan Anda sudah tahu: ekonomi dan politik di Haiti lagi kisruh.

Negara di kepulauan Karibia itu miskinnya luar biasa. Pendapatan per kapita penduduknya hanya USD 1.800. Sepertiganya Indonesia.

Springfield memang lagi membangun kembali ekonomi. Kota itu perlu tenaga kerja yang murah. Industri sulit bersaing kalau upah buruhnya tinggi. Penduduk kota itu saja tidak cukup untuk jadi sumber tenaga kerja. Hanya 60.000 orang.

Maka orang Haiti berdatangan. Pemerintah Amerika sendiri memperlakukan Haiti seperti Ukraina. Penduduk mereka boleh datang ke Amerika. Alasannya sama: sama-sama karena ada perang di dalam negeri mereka. Ukraina lagi perang lawan Rusia. Haiti lagi perang dengan pemimpin bangsanya sendiri.

Haiti berbeda dengan beberapa negara di sekitarnya yang keturunan Spanyol. Haiti sepenuhnya kulit hitam. Asal Afrika.

Sudah lebih 10 persen penduduk Haiti meninggalkan negara itu. Yang tinggal di Amerika saja sudah 1,2 juta orang. Kebanyakan pilih Florida –lebih dekat.

Yang di Springfield sudah mencapai 20.000 orang. Itu sama dengan sepertiga penduduknya. Sangat terasa, tiba-tiba saja Springfield menjadi kota kulit hitam.

Padahal kota ini pernah punya sejarah kelam dalam hal rasialis. Yakni ketika ada orang kulit hitam membunuh seorang kulit putih. Balas dendamnya mengerikan.

Si pembunuh sebenarnya sudah ditangkap polisi. Sudah dimasukkan penjara. Tapi mereka tidak puas. Mereka mendobrak penjara. Si pembunuh diambil. Diseret ke tengah kota. Ia digantung di perempatan jalan utama. Siapa saja lantas menembaki tubuhnya.

Itu sudah sangat lama. Di tahun awal tahun 1900-an. Tapi masih ada kerusuhan rasial setelah itu. Beberapa kali.

Maka setelah Trump mengatakan ''di Springfield pendatang Haiti makan binatang piaraan'' aparat keamanan turun tangan. Jangan sampai terulang kerusuhan ras seperti di masa lalu.

Yang paling penting, pihak keamanan langsung mengklarifikasi: semua itu hoax. Tidak benar ada yang makan binatang piaraan. Tapi pengikut Trump sudah telanjur percaya. Juga sulit untuk diyakinkan bahwa itu tidak benar.

Di Amerika banyak kota kecil bernama Springfield. Di banyak negara bagian. Yang di Ohio ini letaknya di barat kota Columbus. Atau di utara Cincinnati. Tidak jauh dari kampung halaman cawapres JD Vance.

Di masa nan lalu Springfield pernah jadi kota impian. Ketika industri berkembang pesat di sini. Sampai ada 10 pabrik mobil di kota kecil ini. Apalagi pabrik alat-alat pertanian. Sangat terkenal.

Tentu Anda tidak akan kenal nama-nama mobil ini: Bramwell, Brenning, Foos, Frayer-Miller, Kelly Steam, Russell-Springfield, and Westcot. Tapi itu pernah merajai permobilan di sana.

Lalu Springfield jadi kota penderitaan. Yakni ketika barang-barang Jepang menyerbu Amerika. Termasuk mobil-mobilnya. Ditambah lagi, belakangan, kebanjiran barang Tiongkok yang begitu murahnya.

Kini Springfield jadi kota ''pemakan anjing''.(Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Disway Edisi 17 September 2024: Bangsa Keturah

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

@M Zainal Arifin.. Sekarang yang perang adalah keturunan Hadjar dan keturunan Sarah. Kalau keturunan Keturah muncul, dan berusaha mendamaikan, takutnya mas Netanyahu malah marah kepada semua Bani Keturah... ### Wong ribuan warga Israel demo aja, yang adalah sesama Bani Sarah, mas Netanyahu tidak mau memperhatikan. Takutnya malah setelah tahu di kita banyak Bani Keturah, IDF datang ke tanah Melayu.. Jangan sebut-sebut Keturah lagi ya.. Semoga pak Netanyahu tetap tidak tahu di mana Bani Keturah tinggal..

Agus Suryonegoro III - 阿古斯·苏约诺

KERAJAAN MANA SAJA YANG TERMASUK KERAJAAN MELAYU..? Kerajaan Melayu yang terkenal di Asia Tenggara meliputi beberapa kerajaan historis yang memiliki pengaruh signifikan dalam sejarah kawasan tersebut. Beberapa kerajaan Melayu besar yang masih ada dan atau pernah ada adalah: 1). Kesultanan Malaka (Melaka). 2). Kesultanan Johor. 3). Kesultanan Brunei. 4). Kesultanan Aceh. 5). Kesultanan Sulu. ### Kerajaan-kerajaan ini, pada jamannya, memainkan peran penting dalam sejarah dan perkembangan budaya Melayu serta dalam jaringan perdagangan dan penyebaran agama di Asia Tenggara.

siti asiyah

Senyum saja pagi ini, toh memang begitulah lelaki.Andai abah DI datang ke acara pemilihan Miss Tionghoa Indonesia tanpa didampingi ``ibu negara``, tentulah janji diskusi terbatas via zoom itu tidak terlalu penting bahkan sangat mungkin patut dilupakan karena lebih memilih siaran langsung menyaksikan para miss yang cantik-nyi 7i.

Dasar Goblik

Melihat wajah saya muncul di layar.Moderator meminta saya bicara.Saya tidak mau.Kata pak bos disway.Tetapi sampai titik terakhir tulisan si bapak ini tidak pernah bicara.Mau bicara apa?.Sebab kalau bicara keyakinan akan membuat kontroversi.Membuang energi.Membuang waktu.#!%@%Dan saya juga heran.Di jaman canggih ini.Orang2 masih percaya turunan ini itu..Tes DNA saja.

Achmad Faisol

Sebagai sufi Zubir tidak memikirkan duniawi. kata siapa...? mobil, becak, dan uang termasuk "ta" pertama, yaitu harta... "ta" kedua adalah tahta atau kekuasaan atau pengaruh atau punya pengikut... coba tinggalkan semua pengikutnya... minta mereka mencari mursyid lain... berani...?

Mirza Mirwan

Dalam Beresyit (בראשית), bagian pertama dari Tanakh (טנך), memang disebutkan bahwa, selain Sarah dan Hagar (Hajar), Abraham punya isteri bernama Qatura (קטורה) -- juga disebutkan dalam Perjanjian Lama di bagian Kitab Kejadian (pembaca dari kalangan Kristiani bisa menengoknya). Dari Qatura (Keturah) terlahir enam anak lelaki: Zimran, Yoqsyan, Midian, Ishbak, Shuah, dan Medan. Dalam Haggadah (ההגכה), buku cerita keagamaan, cetakan Venesia tahun 1630, ada halaman yang memuat gambar ilustrasi. Ada tiga tenda dengan masing-masing paling kanan di depan tenda ada gambar seorang perempuan dengan anak lelaki (Hajar dan Ismail). Yang di tengah, di depan tenda ada anak lelaki diapit ayah ibunya (Ishak bersama Abraham dan Sarah). Paling kiri, di depan tenda ada enam anak lelaki dan seorang ibu (Qatura dan 6 anaknya). Tapi tak ada narasi dalam Beresyit maupun Haggadah bahwa Qatura berasal dari Nusantara. Jangan-jangan klaim bahwa etnis melayu berasal dari Kanaan itu hanya karena salah satu anak Qatura bernama Medan. Otak-atik gathuk doang.

Achmad Faisol

sepasang orang tua muda ingin agar anaknya berkata sopan sekali... kata 'kencing' dianggap kasar... 'pipis' masih belum sopan...akhirnya mereka menemukan kata tersopan, yaitu 'nyanyi'... ya, nyanyi... ketika sang anak mau nyanyi langsung diantar ke kamar mandi... suatu saat mereka mudik... saat orang tua sibuk di dapur, sang cucu berdua saja dengan sang nenek... "nek, aku mau nyanyi," ucap sang cucu... "ya udah, di dekat telinga nenek saja... nyanyi dengan baik, ya... nenek akan memejamkan mata untuk menikmati nyanyianmu," kata sang nenek dengan lembut... apa yang terjadi selanjutnya...? telinga sang nenek kebanjiran... ####### itulah pentingnya pemilihan kata... itu juga menunjukkan pentingnya definisi... nah, apa itu wahyu...? cobalah pak zubir mendalami lagi 'ulumul Qur'an... jangan buat istilah sendiri... terkadang ada orang sufi yang kelewat raja' (harapannya terlalu tinggi) sehingga melupakan khauf (rasa khawatir/takut akan kesalahan dan konsekuensinya)... contoh: 1. ada yang bilang untuk mengetahui hadits shahih cukup dari baunya... jika wangi berarti shahih... ada juga yang bilang bila dari mulut sang pengucap keluar cahaya berarti hadits shahih... ini berlebihan... janganlah melewati batasan yang ada... tasawuf bukan untuk meneliti hadits... serahkan saja ke ahli hadits... ahli hadits meneliti dengan susah payah, berat, serta banyak rintangan...

Liáng - βιολί ζήτα

out of topic Tulisan saya ini tidak terkait CHDI secara langsung ataupun artikel-artikel lainnya yang sejenis. Lha wong saya membaca CHDI nya saja tidak selesai... CHDI hari ini sangat sangat tidak menarik, pokok e juelek pol... (monggo admin kalau memblokir akun saya... wkwkwkwkwk) Ini hanyalah pembahasan psikologi semata. Di dalam Psychology of Religion ada istilah "Delusions of Grandeur". Delusions of Grandeur atau Delusi Keagungan berkaitan erat dengan Hyper-religiosity atau Hiper-religiusitas. Orang yang mengalami delusi seperti ini, mungkin akan "merasa dirinya sebagai seorang nabi yang dipilih oleh Tuhan" dan lain sebagainya, seperti "merasa menerima wahyu dari Tuhan ataupun merasa diutus oleh Tuhan". Pada intinya, delusi seperti ini termasuk "mental disorder".

Mbah Mars

Setelah tarawih di bulan Ramadan, Khalifah Al-Makmun berbincang dengan penasihatnya, termasuk Al-Qadhi Yahya bin Aktsam. Tiba-tiba datang seorang lelaki yang mengaku sebagai Nabi Ibrahim. Menyadari kepalsuannya, Al-Makmun memutuskan untuk mengujinya. Al-Makmun meminta lelaki itu membuktikan mukjizat Nabi Ibrahim dengan masuk ke dalam api tanpa terbakar. Namun, lelaki itu menghindar dan menawarkan mukjizat lain. Al-Makmun kemudian meminta dia memperlihatkan mukjizat Nabi Musa, seperti mengubah tongkat menjadi ular atau membelah laut. Lagi-lagi, lelaki itu beralasan. Al-Makmun kemudian menyebut mukjizat Nabi Isa yang bisa menghidupkan orang mati. Nabi palsu itu tersenyum, lalu berkata, "Tunggu sebentar wahai khalifah. Aku akan buktikan mukjizat ini. Aku akan pukul kepala Al-Qadhi Yahya dengan tongkat ini hingga meninggal dunia. Lalu dalam sekejap mata akan aku hidupkan dia kembali untuk kalian."Mendengar itu Al-Qadhi Yahya ketakutan seraya berujar, "Aku orang pertama yang beriman kepadamu dan membenarkan kenabianmu." Khalifah Al-Makmun tertawa lalu memerintahkan pembantu istana untuk memberi hadiah kepada nabi palsu tersebut agar segera meninggalkan istana.

Jimmy Marta

Rantau yg nama kota itu tentu yg dimaksud adalah ibu kota kabupaten Labuhan Batu. Lengkapnya Kota Rantau Prapat. Seringnya disebut ringkas dg Rantau saja. Mungkin dimaksud biar gk rancu karena Prapat pun ada kota sendiri. Yg dipinggir danau Toba itu. Dulunya sy kadang campur pengertian tentang Rantau Prapat dan Prapat ini. Dikira sama. Ternyata lain. Rantau Prapat ada dijalur timur lintas Sumatera Utara. Sedangkan Prapat ada di lintas tengahnya. Begitupun Tanjung Balai dan Tanjung Balai Karimun. Banyak orang kadang menganggap tempat yg sama. Padahal lain. Tanjung Balai adalah kota di pantai timur Prov Sumut. Sedangkan Tanjung Balai Karimun itu ibu kab Karimun Prov Kepri.

Jimmy Marta

Diskusi tentang apa?.. Sepertinya ada yg terlewat. Padahal seminggu lalu sudah dihubungi untuk jd narsum..hehe. Ini ibarat bu guru yg sudah bicara panjang lebar. "Bolkin coba sebutkan asal usul bhs Indonesia?". "Anu bu, sy gak dengar ibu tadi omong apa..!". Ambyar deh....wkwk.

djokoLodang

-o-- Seorang pengunjung sedang berbicara dengan seorang petani ketika dia melihat seekor ayam jantan mengenakan celana, kemeja, lengkap dengan tali selempang: "Apa-apaan itu?" Petani itu berkata. "Ada kebakaran di kandang ayam dua bulan lalu dan ayam jago itu semua bulunya hangus, jadi istri saya membuatkan pakaian agar dia tetap hangat." "Baiklah, tapi itu dua bulan yang lalu. Mengapa dia masih memakainya?" Petani menjawab. "Tidak ada yang lebih lucu daripada melihatnya mencoba menahan ayam betina dengan satu kaki dan menurunkan celananya dengan kaki lainnya!" -koJo.-

Evo’S Zhang

#Seribu# Seribu kota dilalui. Kata pujangga campur sari. Apa yg dicari Bimbang hati, antara cinta atau iba Pada diri sendiri. Seribu malam dilalui. Entah berteman lampu tamam atau kunang2 dihutan. Apa yg dicari. Bimbang hati, antara cinta dan iba Pada dirimu kekasih. Beribu kisah aku ceritakan padamu. Sebagai pengantar tidur ataupun saat bermanja. Apa yg kita cari. Kita saling cinta atau saling iba? #17September2024

djokoLodang

-o--" Kakek: "Tahu kah, Cucu, kakekku dulu tuli di telinga kirinya. Sama seperti aku sekarang." Cucu: "Benarkah, Eyang? ... Kok bisa?" Kakek: "Aku tidak tahu. Mungkin itu keturunan. ..." "... Anehnya, setelah nenekku meninggal, pulang dari pemakaman, Kakek mendapatkan kembali pendengaran di telinga kirinya." -koJo.-

Gregorius Indiarto

Tidak perlu tes DNA, saya percaya Anda adalah orang Melayu. Melayu rono, melayu mrene, lintas kota, provinsi, pulau, negara, bahkan lintas benua. Asli,...mlayune adoh. Met siang, salam sehat, damai dan bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 52

  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Hendro Purba
    Hendro Purba
  • Dasar Goblik
    Dasar Goblik
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • djokoLodang
    djokoLodang
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Imam Hanafi
    Imam Hanafi
  • Imam Hanafi
    Imam Hanafi
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Wilwa
    Wilwa
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • ari widodo
      ari widodo
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • Achmad Faisol
    Achmad Faisol
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Macca Madinah
    Macca Madinah
  • hoki wjy
    hoki wjy
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
    • djokoLodang
      djokoLodang
    • djokoLodang
      djokoLodang
  • DeniK
    DeniK
  • Lègég Sunda
    Lègég Sunda
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • djokoLodang
    djokoLodang
  • Ketut Bagiarta
    Ketut Bagiarta
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin