Nyeri Sendi Lutut Sungguh Menyiksa, Kenali Pengobatan Terbaru Unicompartmental Knee Arthroplasty

Nyeri Sendi Lutut Sungguh Menyiksa, Kenali Pengobatan Terbaru Unicompartmental Knee Arthroplasty

Ilustrasi nyeri sendi lutut--unsplash

Uji laboratorium, EKG (Elektrokardiografi), dan pemeriksaan penunjang lainnya juga akan membantu menentukan apakah pasien aman dan sanggup menjalani prosedur operasi.

BACA JUGA:8 Bahan Alami yang Manjur Redakan Nyeri Asam Urat, Simak Cara Pakainya

Prosedur UKA

Selama operasi UKA, dokter bedah akan membuat sayatan sepanjang sekitar 7 hingga 10 sentimeter di kompartemen lutut bagian dalam untuk mengakses kompartemen yang rusak.

Setelah sayatan dibuat, bagian yang rusak dari tulang dan kartilago akan dikupas secara tipis dan implan UKA yang terbuat dari logam titanium dengan bantalan plastik steril akan dipasang untuk menggantikan bagian lutut yang telah dikupas, dengan tetap mempertahankan struktur ligamen asli lutut.

Proses ini dirancang untuk meminimalkan kerusakan pada jaringan sekitarnya, yang berdampak pada cepatnya pemulihan dibandingkan dengan prosedur yang lebih invasif seperti TKA.

Perbedaan antara UKA dan TKA

UKA dan TKA memiliki perbedaan utama dalam cakupan dan dampak pada sendi lutut. UKA hanya menggantikan satu kompartemen dari sendi lutut, dan mempertahankan fungsi dan struktur dari kompartemen lain yang masih sehat.

Sebaliknya, TKA mengganti ketiga kompartemen atau seluruh permukaan sendi lutut.

Struktur ligamen pada UKA utuh secara keseluruhan, sedangkan pada TKA ligamen interkondiler dibuang.

Dampaknya pada UKA, sensasi gerakan lutut lebih menyerupai sendi alami.

Perbedaan ini memengaruhi berbagai aspek perawatan dan hasil. UKA umumnya merupakan prosedur yang lebih minim invasif karena lebih sedikitnya jaringan yang dibuang sehingga dapat menawarkan pemulihan yang lebih cepat dan lebih tidak nyeri dibandingkan dengan TKA.

Namun UKA hanya cocok untuk pasien dengan kerusakan sendi yang terbatas pada satu kompartemen, sementara TKA mungkin diperlukan apabila terdapat kerusakan yang lebih luas atau menyeluruh.

BACA JUGA:4 Langkah Jitu Meredakan Nyeri Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Manfaat Utama dari UKA dibandingkan dengan TKA

UKA menawarkan beberapa manfaat utama dibandingkan dengan TKA, terutama dalam hal pemulihan dan hasil jangka panjang.

Salah satu manfaat utama adalah pemulihan yang lebih cepat.

Karena UKA melibatkan penggantian hanya sebagian dari sendi lutut, banyak pasien melaporkan bahwa mengalami nyeri yang lebih sedikit dan pemulihan yang lebih cepat dibandingkan dengan TKA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait