Soal Penerapan Kembali Ujian Nasional, Pakar Pendidikan Beri Pesan ke Mendikdasmen Abdul Mu'ti Begini
Pakar pendidikan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Achmad Hidayatullah memberikan tiga catatan penting terkait penerapan kembali Ujian Nasional-Illustrasi-
Sebagai contoh, ketika UN dihubungkan dengan penilaian sumatif atau penilaian yang dilakukan di akhir periode pembelajaran, hasil studi ini masih terjadi perdebatan.
"Studi systematics literature review (SRL) yang dilakukan oleh Wynne Harlen dkk (2002) menemukan bahwa penilaian sumatif cenderung memberi dampak negatif terhadap siswa," tegasnya.
BACA JUGA:Pemerintah Stop Impor Beras pada 2025, Ini Langkah Kementan Tingkatkan Produksi
BACA JUGA: 7.527 Penumpang Tercatat di Terminal Tipe A Mangkang, Menhub Dudy Dukung Optimalisasi
Sementara riset yang dilakukan Seyed M. Ismail dkk (2022) menghasilkan penilaian sumatif berdampak terhadap motivasi, namun dampaknya tidak sekuat penilaian formatif.
"Sayangnya, riset tersebut terikat konteks, ruang dan waktu yang berbeda sehingga tidak bisa digeneralisir dalam konteks UN di Indonesia," tutupnya.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: