Daya Beli Masyarakat Melemah, Merek Lokal Ini Malah Sukses Bersaing di Pasar Global

Daya Beli Masyarakat Melemah, Merek Lokal Ini Malah Sukses Bersaing di Pasar Global

Ditengah-tengah melemahnya daya beli masyarakat Indonesia, perusahaan riset global YouGov mencatat bahwa merek lokal seperti Garuda Indonesia, Traveloka, dan BCA mampu bersaing sejajar dengan merek global ternama-disway.id/Bianca Khairunnisa-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Ditengah-tengah melemahnya daya beli masyarakat Indonesia, perusahaan riset global YouGov mencatat bahwa merek lokal seperti Garuda Indonesia, Traveloka, dan BCA mampu bersaing sejajar dengan merek global ternama.

Hasil ini menegaskan bahwa brand digital dan sektor perjalanan menjadi yang paling dipercaya konsumen Indonesia.

Selain itu, YouGov turut mengungkapkan bahwa Indonesia sukses menempati posisi tertinggi secara global dalam daftar antusiasme konsumen memberi rekomendasi.

BACA JUGA:Mensos Saifullah Coret 7 Juta Penerima Bansos, 45 persen Dianggap Tidak Tepat Sasaran

BACA JUGA:Pungutan Pajak e-Commerce Tuai Polemik, Pemerintah Klarifikasi: Bukan Pajak Baru!

Dalam data tersebut, disebutkan bahwa 69 persen orang Indonesia setuju dengan pernyataan, “Saya senang merekomendasikan sesuatu ke orang lain”.

Menurut General Manager YouGov Indonesia & India, Edward Hutasoit, antusiasme konsumen Indonesia untuk berbagi pendapat adalah kekuatan yang luar biasa bagi brand-brand lokal.

"Mereka bukan sekadar pembeli, tapi pendukung aktif. Buat pemasar, ini jadi peluang besar untuk mendorong pertumbuhan organik lewat pengalaman yang konsisten dan berkesan," tutur Edward kepada media secara daring, pada Selasa 15 Juli 2025.

Tidak hanya itu, YouGov juga mengidentifikasi merek-merek yang mencatat peningkatan paling signifikan dalam setahun terakhir.

Ellips, Sanyo, dan jaringan hotel Ibis menempati posisi teratas, menunjukkan peningkatan sentimen positif di kategori kecantikan, elektronik, dan akomodasi terjangkau.

BACA JUGA:Kejagung Tetapkan 4 Tersangka Korupsi Laptop, Eks Stafsus Nadiem Makarim Ikut Terjerat!

BACA JUGA:DPR Klaim Tak Dilibatkan Soal Penetapan Hari Kebudayaan Nasional 17 Oktober

"Temuan ini menyoroti kekuatan merek-merek global yang berhasil menjaga kepercayaan pelanggan lewat pengalaman yang konsisten, baik di sektor perjalanan, otomotif, fashion, maupun perawatan pribadi," jelas Edward.

Kemenperin Perjuangkan Daya Saing Produk Indonesia

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber:

Berita Terkait

Close Ads