Kulit Wajah Gelap Dibanding Bagian Tubuh Lainnya? Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Kulit Wajah Gelap Dibanding Bagian Tubuh Lainnya? Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Ilustrasi/Atasi wajah kusam -Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID - Sejumlah orang terkadang memiliki kulit wajah lebih gelap dibandingkan di bagian tubuh lainnya.

Ternyata penyebabnya adalah karena wajah cukup sering terpapar sinar matahari secara langsung saat anda beraktifitas di luar ruangan.

Hal itu tentu sangat menanggu karena bisa membuat warna kulit menjadi belang dibandingkan dengan bagia tubuh lain.

BACA JUGA:Roy Suryo Tak Terima Hepatitis Misterius Dibuat Bisnis, Menkes Diminta Serius: Jangan Rakyat Diteror

Namun, dr. Nadia Nurotul Fuadah mengungkapkan jika kulit wajah yang terlihat lebih gelap dari warna kulit tubuh lainnya, bukan hanya dipicu karena sinar matahari.

"Kusamnya kulit wajah Anda bisa juga diperparah oleh beragam faktor lain, seperti kurang tidur, kekurangan nutrisi, genetik, perawatan kulit yang tidak tepat," kata dr. Nadia Nurotul.

"Gangguan pigmentasi pasca luka atau radang, penuaan, gangguan hormon, dan banyak lagi gangguan medis lainnya," lanjut dia seperti dikutip dari Alodokter.

BACA JUGA:Keren! Taman Anggrek Selesai Ditata, Menteri Basuki: Layak Jadi Tujuan Wiisata Edukasi

Terkait solusi permasalahan ini, untungnya, warna kulit yang terlihat lebih gelap dari warna kulit dasarnya, kata dr. Nadia, bisa saja diperbaiki dengan metode yang tepat.

"Rajin mandi dan cuci wajah Anda menggunakan sabun pembersih yang mengandung formula pencerah kulit, seperti asam salisilat, vitamin C, asam kojik, arbutin, dan sebagainya".

Ia juga menyarankan orang untuk menggunakan sun block (tabir surya), dengan kandungan SPF minimal 30, dipadukan dengan penggunaan pelembab setiap sebelum beraktifitas.

BACA JUGA:Ada Wacana Jokowi Undang Putin dan Zelenskyy di Forum G20, Faizal Assegaf Sebut Kebohongan Besar

"Jangan sembarangan menggunakan produk perawatan kulit tanpa rekomendasi dokter tidur teratur, dan konsumsi variasi buah-buahan, sayur dan air putih".

Ia juga mengingatkan, jika dalam prosesnya, mereka yang ingin kembali mendapatkan kecerahan wajah alami kulitnya, untuk menjalankan prosedur ini dengan kesabaran.

Sumber: