Dirahasiakan Puluhan Tahun Akhirnya Iran Pamer Pangkalan Militer Baru di Tengah Kawasan Teluk Memanas

Dirahasiakan Puluhan Tahun Akhirnya Iran Pamer Pangkalan Militer Baru di Tengah Kawasan Teluk Memanas

Militer iran akhirnya memamerkan pangkalan militer barunya yang disembunyikan puluhan tahun, Senin 30 Mei 2022. -Foto-foto: Abna -Disway.id

TEHERAN, DISWAY.ID - Secara mengejutkan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) memamerkan foto-foto pangkalan drone bawah tanah yang lokasinya dirahasiakan kepada publik, Senin 30 Mei 2022. 

Unjuk kekuatan itu dilaporkan media pemerintah Iran di tengah ketegangan yang memanas di Kawasan Teluk.

Dilansir Disway.id dari kantor berita IRIB, beberapa jurnalis mendapat izin untuk meliput ratusan drone di pangkalan militer yang baru diresmikan oleh Kepala Staf Umum Militer Iran, Mayjend Mohammad Bagheri tersebut. Secara khusus dua produk baru militer juga dipamerkan dalam liputan tersebut. 

BACA JUGA:AS dan Israel Temukan Pangkalan Militer Bawah Tanah Milik Iran, Jenderal Bagheri: Itu Hak Kami!

Menurut informasi yang diumumkan, rudal tersebut memiliki jangkauan 200 kilometer dan kecepatannya saat mengenai target adalah 1000 kilometer per jam. 

Rudal cruise Haidar merupakan rudal cruise Iran pertama yang dapat dibawa oleh drone. Produk kedua adalah Haider-2 yang merupakan drone kargo.

 

 

Keberadaan pangkalan drone yang berada di kedalaman ratusan meter di bawah tanah tersebut, selama ini dirahasiakan militer Iran dan proyek pengadaan drone dan beragam persenjataan canggih tersebut dikerjakan secara senyap.  

Pemerintah Iran sampai saat ini termasuk sejumlah negara terbatas di dunia yang terus mengalami kemajuan di bidang desain, pengembangan dan produksi berbagai drone.

BACA JUGA:Gegara 1 Pria Positif Covid-19, Ribuan Penduduk Beijing Dikarantina

Sejalan dengan itu Amerika Serikat (AS dan Israel terus saja membuntuti pergerakan Pemerintah Iran. Mata-mata disebar untuk memantau pergerakan militer negeri yang berbatasan langsung dengan Azerbaijan (500 km), dan Armenia (35 km) di barat laut itu.

Intervensi yang di lakukan Negeri Paman Sam bersama sekutunya itu sampai menuding isu baru yang menambah panas konstelasi Timur Tengah. Salah satunya pangkalan militer bawah tanah yang dibangun Iran adalah upaya untuk menyulut peperangan.  

Tudingan AS dan Israel setelah melihat tayangan televisi pemerintah Iran pada Sabtu 28 Mei 2022. Tayangan itu menyiarkan rekaman pangkalan angkatan udara untuk pesawat tempur di bawah pegunungan Zagros di barat negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: abna