2,3 Juta Lapangan Kerja Hilang per Tahun, Kemendikbudristek: Ini Ancaman Bagi Dunia Kerja!

2,3 Juta Lapangan Kerja Hilang per Tahun, Kemendikbudristek: Ini Ancaman Bagi Dunia Kerja!

Lowongan kerja/Ilustrasi----

JAKARTA, DISWAY.ID - Sebanyak 23 juta lapangan pekerjaan diprediksi akan hilang dalam kurun waktu 10 tahun.

Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nizam mengatakan, bahwa kabar hilangnya lapangan kerja ini menjadi ancaman bagi dunia kerja di Tanah Air.

BACA JUGA:Salip 12 Negara Lain, Pariwisata Indonesia Peringkat 32 Dunia

"Peneliti memprediksi 23 juta lapangan pekerjaan hilang dalam 10 tahun ke depan. Artinya, setiap tahun 2,3 juta lapangan kerja akan hilang," kata Nizam dalam konferensi pers daring, dikutip Selasa, 31 Mei 2022. 

Menurut Nizam, banyaknya lapangan pekerjaan yang hilang disebabkan berbagai faktor. Seperti disrupsi teknologi dan pandemi.

"Selain itu dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif rendah karena pandemi, pertumbuhan dunia kerja akan sangat terbatas," ujar Nizam.

BACA JUGA:Peran Mahasiswa Universitas Brawijaya di Jaringan Teroris Dibongkar Polri

Nizam menuturkan, pertumbuhan dunia kerja saat ini berkisar 300 ribu sampai 400 ribu per tahun. Jumlah tersebut tak dapat menampung lulusan sarjana dan diploma di Indonesia yang mencapai 1,5 juta.

"Antara tumbuhnya lapangan pekerjaan dan kemampuan kita menghasilkan sarjana diploma, terdapat kesenjangan yang sangat lebar," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: