308 Situ dan Danau di Jabodetabek-Punjur Menyusut bahkan Menghilang

308 Situ dan Danau di Jabodetabek-Punjur Menyusut bahkan Menghilang

Tim lapangan dari Kementerian ATR/BPN melakukan pendataan situ yang berada di wilayah Jabodetabek-Punjur-Kementerian ATR/BPN -disway.id

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil, yang juga merupakan Ketua TKPR Jabodetabek-Punjur menyampaikan maksud dan tujuan surat edaran, yaitu upaya memulai percepatan penyelamatan dan pengamanan SDEW. 

Khususnya situ yang berada di Kawasan Perkotaan Jabodetabek-Punjur yang rentan mengalami pengurangan kapasitas tampungan, menyusut atau bahkan menghilang. 

”Perlu dilakukan pendaftaran tanah sebagai bentuk pengamanan yuridis dari segala bentuk okupasi atau alih fungsi lahan pada SDEW, khususnya situ,” terang Sofyan A Djalil dalam keterangan yang diterima Disway.id, Kamis 21 April 2022.  

Sementara itu, Wisnubroto Sarosa, Direktur Project Management Office (PMO) TKPR Jabodetabek-Punjur mengatakan,  situ menjadi objek penting dalam surat edaran tersebut. 

”Mengingat temuan awal PMO TKPR Jabodetabek-Punjur yang menunjukkan adanya permasalahan yuridis pada situ yang menjadi bottleneck dalam pengelolaan situ dan penyelesaian permasalahan isu strategis banjir,” jelasnya.

Surat edaran ini merupakan langkah awal untuk melindungi eksistensi situ yang merupakan elemen vital pengendalian banjir. 

Lebih lanjut, hasil identifikasi dan inventarisasi sebagaimana dimaksud akan digunakan sebagai salah satu dasar penyusunan protokol pengelolaan situ yang tengah dipersiapkan

. Protokol tersebut diharapkan dapat mewujudkan pengelolaan situ yang lebih berdaya guna dan berkelanjutan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: